Pentingnya Aksesibilitas Website untuk SEO

Seiring dengan pesatnya teknologi, kemampuan pengembang untuk membuat dan mempublikasikan situs website yang penuh dengan kompleksitas visual telah menghasilkan sejumlah besar situs website yang tidak dapat diakses untuk demografi tertentu. Padahal, aksesibilitas website penting untuk keperluan search engine optimaztion (SEO).

Sampai saat ini, gagasan bahwa aksesibilitas situs website dan pengalaman pengguna akan sangat diperhitungkan dalam algoritma mesin telusur lebih merupakan mitos daripada kenyataan. Namun, ketika pernyataan misi Google berbunyi, “Misi kami adalah untuk mengatur informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan berguna secara universal”. Tidak diragukan lagi bahwa aksesibilitas adalah prioritas dalam layanan mereka. Tanggapan Google untuk memenuhi panggilan mereka untuk aksesibilitas universal adalah dengan menyesuaikan peringkat pencarian berdasarkan beberapa metrik pengalaman pengguna. 

Sebelum sepenuhnya menyelami pengalaman pengguna sebagai sinyal peringkat, penting untuk lebih memahami apa itu aksesibilitas web. 

Apa itu Aksesibilitas Website?

Aksesibilitas sangat penting bagi pengembang web dan organisasi yang ingin membuat situs web berkualitas tinggi dan tidak mengecualikan orang untuk menggunakan produk dan layanan mereka. Beberapa orang mengacaukan aksesibilitas situs web dengan kemampuan untuk ‘mendarat’ di situs web alih-alih pengalaman pengguna. Dengan kata lain, membuat situs web Anda dapat diakses, berarti Anda akan dapat melayani 100% dari lalu lintas yang Anda terima.

Sayangnya, sebagian besar web masih menghadirkan hambatan aksesibilitas bagi pengguna disabilitas. Di bawah ini hanya beberapa contoh:

Isyarat dan Gambar Visual

  • Konten teks yang tidak dapat disampaikan dalam audio
  • Kemampuan untuk melakukan scroll atau klik tautan (item) menu

Oleh karena itu, agar situs web Anda dapat diakses sepenuhnya, pengalaman pengguna harus berfungsi bagi mereka yang memiliki keterbatasan visual, pendengaran, dan mekanis.

Mengapa Aksesibilitas Website Penting untuk SEO?

Google, dan mesin pencari lainnya, secara historis memberi peringkat situs web berdasarkan konten teks dan sinyal otoritas sebagai faktor utama. Google, misalnya, telah berupaya tidak hanya memasukkan, tetapi juga menjadikan pengalaman pengguna sebagai faktor peringkat utama melalui Web Vitals.

Setidaknya, Google memperjelas bahwa mengembangkan situs website yang memberikan pengalaman pengguna berkualitas tinggi akan dihargai dengan peningkatan peringkat mesin pencari. Ada beberapa aspek yang bisa memicu penurunan visibilitas website. Diantaranya, situs website yang kesulitan untuk dapat diakses dan belum memberikan pengalaman berkualitas.

 

Contact Us

Instagram dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com