Mengungkapkan Strategi dan Analisis Keberlanjutan Perusahaan

Analisis keberlanjutan perusahaan pada laporan keberlanjutan memberikan gambaran strategis umum tentang keberlanjutan perusahaan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan tentang topik strategis. Intinya, strategi dan analisis laporan keberlanjutan berisikan penjabaran ulasan mengenai berbagai kebijakan dan evaluasi perusahaan secara berkelanjutan. Jadi, bukan sekadar ringkasan isi strategi dan analisis dalam laporan keberlanjutan.

 

Dalam bagian ini, perusahaan bisa mengungkapkan pernyataan dari pembuat keputusan yang paling tinggi secara struktural di lingkungan internal, misalnya CEO, pimpinan, atau posisi senior yang setara. Pernyataan yang dibuat terkait relevansi keberlanjutan terhadap perusahaan dan strategi perusahaan. Pernyataan tersebut harus menghadirkan visi dan strategi keseluruhan untuk jangka pendek, menengah, dan panjang. Khususnya terkait dengan penanganan dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial yang signifikan yang diakibatkan oleh organisasi dan memberikan kontribusi terhadap hal tersebut. Atau dampak tertentu yang dapat dihubungkan pada aktivitas organisasi karena hubungannya dengan yang pihak-pihak lain, seperti pemasok, masyarakat, atau organisasi di masyarakat lokal. 

 

Secara garis besar, pernyataan tersebut harus menyertakan:

  • Prioritas strategis dan topik utama dalam jangka pendek dan menengah sehubungan dengan keberlanjutan, termasuk perhatian terhadap standar yang diakui secara internasional dan bagaimana standar tersebut dikaitkan dengan strategi dan kesuksesan organisasi dalam jangka Panjang.
  • Kecenderungan yang lebih luas, seperti ekonomi makro atau politik, yang mempengaruhi perusahaan dan mempengaruhi prioritas keberlanjutan.
  • Peristiwa penting, pencapaian, dan kegagalan selama periode pelaporan.
  • Gambaran mengenai kinerja terkait dengan target.
  • Pandangan akan tantangan dan target utama perusahaan untuk tahun yang akan datang serta sasaran untuk 3-5 tahun mendatang.
  • Hal-hal lain yang berhubungan dengan pendekatan strategis perusahaan.

 

Strategi dan Analisis Keberlanjutan Perusahaan Mencangkup:

  • Uraian mengenai dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial perusahaan yang signifikan, dan peluang serta tantangan terkait.
  • Penjelasan tentang pendekatan dalam rangka memprioritaskan tantangan dan peluang tersebut.
  • Kesimpulan utama tentang perkembangan dalam menangani topik tersebut dan kinerja terkait dalam periode pelaporan. Termasuk di dalamnya asesmen penyebab buruk atau baiknya kinerja.
  • Prioritas topik keberlanjutan utama sebagai risiko dan peluang berdasarkan relevansinya dengan strategi perusahaan jangka panjang, posisi kompetitif, nilai finansial kualitatif dan (jika memungkinkan) nilai kuantitatif.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com