Arti Komunikasi Perusahaan

Komunikasi merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Tak hanya dalam lingkup individu, komunikasi juga sama penting dalam lingkup yang lebih luas, yakni perusahaan. Maka, dikenalah istilah komunikasi korporat (corporate communication).

Definisi dan Teori

Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan komunikasi perusahaan? Cees van Riel and Charles Fombrun (2007), misalnya, mendefinisikan komunikasi perusahaan sebagai himpunan beberapa kegiatan. Mulai dari mengelola hingga mengatur semua komunikasi internal dan eksternal. Tujuannnya untuk menciptakan titik awal menguntungkan dengan para pemangku kepentingan. Dalam buku “Corporate Communication A Guide to Theory and Practice”, Joep Cornelissen mendefinisikan sebagai fungsi manajemen dalam koordinasi komunikasi internal dan eksternal. Jadi, intinya, komunikasi perusahaan adalah pesan yang dikeluarkan oleh sebuah badan atau lembaga untuk publiknya, baik internal dan eksternal. “Publik” internal di sini mencakup karyawan, dan pemegang saham. Sementara itu, “publik” eksternal meliputi lembaga, pemasok, media massa, pemerintah, pelanggan hingga masyarakat umum.

Penerapan Strategi Komunikasi Perusahaan

Komunikasi korporat dapat terjadi dalam berbagai bentuk saluran komunikasi tergantung pada publik yang dituju. Pada akhirnya, strategi komunikasi organisasi biasanya terdiri dari kata-kata tertulis (laporan internal dan eksternal, iklan, salinan situs web, materi promosi, email, memo, siaran pers), kata lisan (rapat, konferensi pers, wawancara, video), dan nonkomunikasi lisan (foto, ilustrasi, infografis, branding umum) dan sebagainya.

Peran Penting Humas

Seseorang yang berprofesi di bidang komunikasi perusahaan (corporate communication) harus dapat merepresentasikan sebaik mungkin tentang isu, image, atau respon publik terhadap sebuah produk/jasa yang dimiliki perusahaan tersebut. Selain itu, diharapkan para petugas Humas ini juga mampu menjaga citra positif perusahaan dan mampu menangani berbagai macam komentar negatif dari para pengguna media sosial. Seperti kita ketahui, saat ini media sosial merupakan sarana yang sering digunakan masyarakat untuk berbagai hal, baik untuk berkomunikasi maupun memberikan komentar terhadap suatu kejadian tertentu. Oleh karena itu, mereka juga perlu memposisikan diri sebagai publik dan perwakilan perusahaan tersebut.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com