Apa Itu Laporan Keuangan Konsolidasian?

Laporan Keuangan Konsolidasian kerap ditemui dalam sebuah annual report. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan laporan keuangan konsolidasian? 

Prinsip konsolidasian digunakan bagi sebuah perusahaan induk yang memiliki beberapa anak perusahaan. Untuk lebih sederhananya, bedakan dua hal berikut: konsolidasi adalah kata kerja; sedangkan konsolidasian adalah kata benda.  Jadi, yang dimaksud dengan laporan keuangan konsolidasian adalah sebuah annual report yang memberikan informasi posisi finansial dan operasional untuk induk perusahaan dan anak-anak perusahaannya. Dengan kata lain, laporan ini merupakan gabungan annual report perusahaan induk dan anak-anak perusahaannya. Laporan keuangan dari induk dan anak-anak perusahaan digabungkan menjadi satu sehingga semuanya merupakan sebuah entitas tunggal. Arti tunggal di sini tidak terpisah-pisah lagi, melebur menjadi satu kesatuan.

Laporan tersebut sangat penting bila salah satu perusahaan memiliki kendali atau kontrol terhadap perusahaan lain (anak perusahaan). Hal ini penting mengingat laporan ini tidak boleh memberikan informasi yang keliru sehingga menimbulkan kesalahan pemahaman para stakeholder. Sebaliknya, laporan ini tidak diperlukan jika masing-masing perusahaan berdiri sendiri atau mandiri. Dengan kata lain, tidak ada perusahaan yang memiliki kontrol atas yang lainnya. Secara singkat, fungsi laporan keuangan konsolidasian adalah memberikan gambaran atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari ‘satu’ perusahaan. ‘Satu’ perusahaan tersebut sebenarnya terdiri dari sejumlah perusahaan yang berkaitan (biasanya dalam satu grup korporasi). 

Prinsip Laporan Keuangan Konsolidasian

Perusahaan bisa menyusun annual report dengan prinsip konsolidasian bila memenuhi sejumlah syarat antara lain:

  • Memiliki satu atau lebih entitas perusahaan (anak perusahaan) yang ditunjukkan dengan kepemilikan modal saham.
  • Annual report anak perusahaan bisa dikonsolidasi jika kepemilikan saham lebih dari 50%.
  • Bila kepemilikan terhadap anak perusahaan kurang dari 50%, tapi perusahaan induk masih memiliki kendali, maka annual report bisa dikonsolidasi.

Dalam penyusunannya, annual report perusahaan induk dan anak perusahaan digabungkan satu persatu. Caranya dengan menjumlahkan masing-masing akun (COA) sejenis, seperti aset, kewajiban, pendapatan, beban, dan ekuitas. Demikianlah penjelasan dari kami. Apakah Anda sudah memahaminya?

 

Contact Us

Instagram DMC Comm

Website dmc-indonesia.com