3 Manfaat Media Sosial untuk Distribusi Konten

Konten atau pesan komunikasi bisa disalurkan melalui berbagai saluran komunikasi. Salah satunya adalah melalui media sosial. Distribusi pesan komunikasi melalui media sosial memiliki sejumlah manfaat yang tidak dimiliki oleh saluran komunikasi lainnya. Apa saja manfaat media sosial untuk mendistribusikan pesan Anda?

Mempromosikan Konten

Mempromosikan produk/jasa Anda di media sosial adalah cara yang baik untuk menampilkan pesan Anda kepada khalayak luas. Tak hanya pelanggan eksisting, di media sosial dapat juga menjangkau pelanggan-pelanggan baru potensial. Dengan kata lain, upaya ini berpotensi menumbuhkan jumlah pelanggan Anda. Selain itu, mempromosikan konten melalui media sosial cenderung lebih cost-efficiency dibandingkan berpromosi melalui media konvensional.

Mendekatkan Audiens

Pesan yang didistribusikan melalui media sosial bisa mendekatkan diri antara merek dan audiens. Namun, hal ini bisa digapai dengan tidak mudah. Jangan jadikan media sosial sebagai ‘etalase dagangan’ secara membabi-buta. Tidak semua pengguna sosial merupakan orang yang hendak berbelanja saat berselancar di media sosial. Konten informatif dan edukatif terkadang memiliki keterikatan emosional yang lebih tinggi daripada konten-konten berbau marketing. Sesekali, tanyakan kepada audiens Anda apa yang mereka inginkan. Berbagi cerita atau knowledge sharing–meski terdengar remeh-temeh–bisa mendorong audiens Anda semakin dekat dengan Anda. Kuis atau giveaway juga menjadi selingan menarik di tengah rutinitas audiens.

Membuat Viral

Saat ini, mendistribusikan pesan melalui media sosial belum tentu cukup. Makin banyaknya merk yang menjejalkan konten di media sosial–seiring pertumbuhan pengguna media sosial–membuat satu posting-an cepat ‘tenggelam’ dengan berbagai posting-an baru. Namun, beda halnya dengan konten viral yang akan bertahan lebih lama di jejaring sosial. Saat orang-orang share produk/jasa Anda dengan jaringan mereka, dan jaringan mereka mengikuti, konten Anda menyebar secara masif di internet, berpotensi mendapatkan ribuan atau bahkan jutaan ‘likes’ atau ‘comments’. Di sinilah tantangan bagi merk untuk menjadi viral yang tentu saja bukanlah tugas yang mudah, tetapi tanpa media sosial, itu hampir tidak mungkin.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com