Pakai Jasa Social Media Management, Berapa Sih Biayanya?

Saat ini berbagai kalangan telah memanfaatkan media sosial sebagai platform promosi. Dalam pengelolaannya, diperlukan tenaga yang ahli di bidang media sosial. Oleh karena itu, biaya social media management perlu dipertimbangkan bagi pelaku bisnis.

Keahlian Spesialis

Jika Anda terlalu disibukkan dengan upaya menjalankan core business organisasi, maka jangan khawatir. Kini, mulai banyak bermunculan penyedia jasa social media management. Lalu, mungkin muncul pertanyaan di benak Anda, “apakah biayanya mahal?” Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya Anda memahami apa yang dimaksud social media management. Pada dasarnya, manajemen media sosial adalah proses menciptakan konsep, penjadwalan, analisis konten yang di-posting di platform media sosial, seperti FacebookInstagram, dan Twitter.

Penyedia jasa social media management terdiri dari beberapa tenaga ahli yang spesialis di bidangnya masing-masing. Prinsipnya, seorang social media spesialist harus dapat menangani aktivitas media sosial, mulai dari menanggapi komentar pelanggan hingga mengembangkan strategi tentang cara mencapai tujuan pemasaran jangka panjang dengan membuat konten yang natural dan menarik.

Tenaga Ahli Social Media Management

Lebih rinci, profesi pada sebuah penyedia jasa social media management dapat terdiri dari copywriter, desainer grafis, fotografer, videografer, editor video hingga project manager. Seorang copywriter bertugas untuk merangkai kata hingga menjadi tata kalimat yang tak hanya informatif, namun juga bisa menarik, menyenangkan, dan terkadang disisipi dengan nuansa humor. Desainer grafis mencoba menerjemahkan isu yang ingin di-posting sesuai dengan teks yang disusun oleh copywriter. Fotografer dan videografer pada dasarnya menangkap momen melalui kamera foto dan video. Editor video akan merangkai hasil tangkapan video menjadi tayangan yang lebih menarik lagi. Sementara itu, project manager umumnya menjembatani antara keinginan klien dan kemampuan tim dalam penyedia jasa social media management itu sendiri.

Masing-masing profesi tersebut tentu memiliki spesialisasi kemampuan sesuai bidangnya. Kemampuan teknik serta pengalaman mereka dalam mengelola media sosial akan sangat berguna bagi klien. Belum lagi, masing-masing individu tersebut akan brainstorming terlebih dahulu sebelum mengeksekusi materi sebuah posting-an. Selain beragam profesi di atas, ada juga tools social media management yang dapat memberi kendali atas strategi Anda sendiri. Bahkan jika Anda memiliki waktu yang terbatas, tools dan layanan social media management dapat menjadi pilihan Anda.

Apa yang Ditawarkan?

Social media management dapat diterapkan oleh sebuah merek, individu, atau bisnis dengan tujuan beragam, misalnya untuk menjangkau pelanggan baru secara online atau untuk meningkatkan dan mempertahankan reputasi mereka. Seperti halnya perangkat lunak atau layanan tambahan yang dimanfaatkan perusahaan Anda, tujuan dari social media management adalah untuk menghemat waktu dan meningkatkan keuntungan. Jadi bagaimana social media management menciptakan manfaat khusus untuk perusahaan Anda?

Berikut adalah beberapa hal yang ditawarkan oleh penyedia jasa social media management:

  • Hemat waktu : Dengan menjadwalkan posting-an, maka akan membantu mengurangi beban pekerjaan dan kesibukan Anda.
  • Memahami perilaku audiens Anda : Memberikan analisis mendalam yang menjelaskan siapa yang mengikuti Anda, dari mana mereka berasal, dan apa yang mereka inginkan dari produk/jasa Anda.
  • Mengendalikan reputasi merek : Memungkinkan Anda untuk memantau komentar dan umpan balik lebih dekat, dan merespons secepat mungkin.
  • Mendorong kreativitas : Mendorong kolaborasi kreatif lintas platform baru untuk setiap kampanye media sosial.

Jika Anda menggunakan jasa social media management, maka Anda tak sekadar memperoleh manfaat dari pekerjaan tenaga-tenaga ahli di bidangnya masing-masing. Namun, Anda juga akan mendapatkan laporan hasil bulanan, seperti poin terakhir di atas. Artinya, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk membuat strategi di media sosial. Jasa social media management akan melakukan semua strategi untuk Anda. Dari membuat konten, editing foto, penjadwalan posting dan lain-lain.

Posting yang ditargetkan dengan target market, melakukan kampanye iklan, dan melakukan aktivitas sosial media secara keseluruhan membutuhkan keahlian dan pengalaman. Jadi tidak semua orang dapat melakukan aktivitas media sosial yang bermanfaat untuk bisnisnya.

Cost-Effective – Biaya Social Media Management

Lantas, kembali ke pertanyaan awal, berapa biaya menggunakan jasa social media management? Apakah biayanya mahal? Jawabannya relatif tergantung dari berbagai variabel, seperti budget, jangka waktu, tujuan, dan lain-lain.

Biaya layanan social media management bervariasi karena setiap produk ataupun jasa yang akan dijalankan memiliki konsep yang berbeda-beda. Hal inilah yang mempengaruhi perbedaan harga biaya layanan media sosial. Contoh, biaya maintenance media sosial untuk tokoh politik dan brand awareness sebuah produk pasti berbeda karena memang strateginya juga berbeda. Semakin banyak posting yang ingin Anda jadwalkan, contoh lainnya, semakin tinggi harganya.

Satu hal yang jelas, bila Anda menggunakan jasa social media management, maka cost-effective berpotensi besar Anda akan tuai. Arti cost-effective (biaya yang efektif) menurut Cambridge Dictionary Online adalah menghasilkan yang terbaik dengan nilai uang tertentu. Misalnya kita membutuhkan smartphone baru, apakah kita perlu membeli smartphone dengan merek yang paling top atau merek lain dengan spesifikasi yang terlampau jauh?

Dalam pengelolaan keuangan, biaya yang efektif seringkali tertukar dengan efisiensi biaya. Padahal, metode efisiensi biaya adalah mengurangi semua biaya tanpa terkecuali. Sedangkan pengelolaan dengan metode biaya yang efektif adalah mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu.

Kesimpulan

Media sosial sudah jauh lebih bermanfaat daripada media tradisional untuk berbagai alasan sederhana: 1) hampir gratis, 2) tersedia di web 24/7, dan 3) menawarkan jangkauan tanpa batas! Plus, media sosial adalah semua tentang “dari mulut ke mulut”. Setiap bisnis tahu bahwa bentuk iklan terbaik adalah rujukan. Berikan konten yang baik di situs Anda dan koneksi Anda akan membagikannya (tanpa biaya kepada Anda).

Media sosial dapat membantu Anda menjangkau klien dalam jumlah tidak terbatas dari seluruh dunia. Setelah Anda mengembangkan kehadiran di situs media sosial pilihan Anda, potensi untuk menjangkau calon klien tidak terbatas. Facebook memiliki lebih dari 500 juta pengguna di seluruh dunia dan halaman Facebook Anda memiliki potensi untuk menjangkau semuanya–dengan biaya yang sama dengan menjangkau klien Anda secara lokal. Youtube, LinkedIn, MySpace, Flickr, Digg – semuanya memiliki ‘member’ internasional yang dapat Anda jangkau tanpa harus melakukan pekerjaan tambahan atau mengeluarkan biaya tambahan!

Apalagi yang bisa Anda minta dari kampanye pemasaran tetapi berbiaya rendah, akses permanen ke pesan Anda, dan jangkauan seluruh dunia? Tambah lagi bila Anda menyewa jasa social media management yang kenyang pengalaman di bidangnya.

Media sosial memainkan peran penting dalam lanskap bisnis. Dengan 3,2 miliar orang menggunakan media sosial di seluruh dunia, dan 11 pengguna baru setiap detik, serta didukung keamanan yang sudah menjadi standar global. Alat dan layanan social media management dapat membantu Anda menjangkau audiens yang sangat besar dan menjalankan kampanye media sosial menjadi lebih sederhana.

 

Contact Us

Instagram : @dmccomm_id

Website     : dmc-indonesia.com