Berbisnis Menggunakan Social Media Management Sukses Pakai Strategi Ini

Berbisnis menggunakan social media management tentunya Anda tidak akan mengalami kesulitan. Sudah banyak perusahaan atau organisasi yang telah menggunakan media sosial. Banyak brand yang mulai memanfaatkan beragam platform media sosial yang mereka kelola untuk bisa mencuri perhatian audiens, mengajak audiens untuk mau saling berinteraksi di dalamnya, hingga menjadi loyalis terhadap brand terkait. 

Pada intinya, social media management adalah pengelolaan media sosial agar lebih efektif dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berikut beberapa cara ampuh gunakan social media management bagi pertumbuhan bisnis:

Pilih Media Sosial yang Tepat Ketika Berbisnis Social Media Management

Tahap ini berguna untuk efisiensi waktu Anda. Sebagai contoh, jika bisnis Anda bersifat B2B, maka jangan mengedepankan Instagram. Sebaiknya, utamakan menggunakan Linkedin yang bersifat media sosial profesional. Lalu, Anda juga bisa mengoptimasi website jika Anda ingin konten pada website Anda memiliki nilai lebih di mata Google search. Langkah ini sangat diperhitungkan di kalangan praktisi SEO untuk meningkatkan pagerank.

Konten Berkualitas dalam Berbisnis Social Media Management

Konten yang berkualitas tiap media sosial bisa berbeda-beda. Contohnya di Instagram orang lebih menyukai foto yang bagus dan unik, disertai hashtag yang sesuai, caption yang unik, dan membuat penasaran. Konten yang berkualitas juga disesuaikan terhadap siapa target pasar Anda. Hal ini bisa menuntun tampilan atau penulisannya serius atau santai. Pembawaan diri dalam penulisan penting untuk target pasar. Yang terpenting adalah jangan samakan post yang Anda publish di suatu platform media sosial dengan lainnya karena masing-masing memiliki karakteristik tersendiri.

Memperhatikan Waktu Posting 

Perhatikan pula jam sibuk atau jam yang senggang. Pada jam sibuk, tentunya posting-an Anda akan cepat tenggelam sehingga dibutuhkan usaha lebih untuk mempertahankan posting-an Anda, sedangkan pada waktu senggang pastinya user aktif akan sedikit. Kita ambil contoh, akun yang berfokus pada makanan tentunya lebih baik posting di jam-jam makan, seperti pagi hari atau jam-jam pada waktu ibu-ibu sering memasak.

Jaga Konsistensi

Tentukan jadwal secara berkala untuk harian, mingguan, dan bulanan. Persiapkan tema konten untuk jangka waktu tertentu. Pada tahapan ini diperlukan ketekunan dan kesabaran dalam implementasinya. Hal ini karena Anda tak hanya mem-posting, melainkan juga bisa sekaligus mencari akun dengan followers yang banyak dan sesuai dengan target Anda untuk diajak bekerja sama. 

Menganalisis Konten

Analisis konten mana yang paling diminati. Kenapa konten tertentu kurang menggaet minat pemilik akun media sosial? Anda bisa menganalisanya dua minggu sekali atau sebulan sekali. Setelah analisa, Anda bisa merencanakan posting-an untuk hari-hari ke depannya. Bila sudah berjalan dengan baik, maka efek positif berlipat ganda akan Anda peroleh. 

Mengenal Audiens dengan Baik

Tentu para followers dari akun media sosial yang kita kelola memiliki berbagai perilaku yang berbeda dan tidak sama tingkahnya. Dan perbedaan itu pula yang memberikan pengaruh bagaimana mereka berperilaku dengan brand kita. Maka itu, untuk dapat membangun suatu komunitas yang kuat melalui media sosial, kita perlu untuk menyampaikan pesan yang tidak seragam dan lebih personal agar dapat mengajak mereka untuk mau melakukan tindakan yang diharapkan. Salah satu dasar dalam membangun komunitas yang kuat melalui media sosial adalah dengan mengenal audiens tersebut terlebih dahulu dan berinteraksi secara natural.

Memudahkan Audiens untuk Berkomunikasi dengan Brand

Sebagai brand, kita perlu untuk membentuk perencanaan komunikasi personal supaya dapat terus terhubung dengan komunitas yang kita kelola. Memang brand tidak perlu selalu menjadi pusat dari semua percakapan, tetapi pastikan kalau para anggota komunitas tersebut mengetahui bahwa ketika mereka membutuhkan, brand selalu ada di sana dan kita peduli terhadap mereka. Komunikasi merupakan unsur penting dalam membantu brand dalam membangun dan mempertahankan hubungan baik berjangka panjang kepada audiens.

Fokus Memecahkan Permasalahan Dalam Berbisnis Menggunakan Social Media Management

Setiap orang tentu memiliki permasalahannya masing-masing. Untuk itu, agar komunitas yang dibangun dapat lebih kuat dan dapat membantu perkembangan brand, kita perlu untuk memecahkan permasalahan audiens bahkan yang besar sekalipun. Tidak dapat dipungkiri kalau di luar sana banyak brand atau bisnis yang menawarkan produk atau jasa yang sama. Karena itu, pastikan kalau brand kita dapat menonjol. Dan salah satu cara terbaik untuk meraih hal ini adalah dengan membangun kepercayaan komunitas yang dikelola, dengan membantu memecahkan masalah mereka. Beragam konten yang dapat kita sajikan untuk memecahkan masalah masyarakat antara lain, dengan menyajikan video how-to, atau memperlihatkan testimoni dari pelanggan sebelumnya yang pernah menggunakan produk/jasa yang kita tawarkan. Memberikan nilai tambah kepada masyarakat merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat membentuk brand loyalty, dari situ nantinya kepercayaan komunitas akan semakin meningkat yang turut pula menambah anggota komunitas tersebut. 

Mengetahui Keinginan Masyarakat

Membentuk sebuah komunitas di media sosial juga berarti memproduksi beragam konten yang diinginkan oleh audiens. Dan untuk mengetahui hal tersebut adalah dengan bertanya kepada mereka, dan mendengarkan feedback yang mereka berikan. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengetahui keinginan para anggota komunitas. Misalnya dengan menyebar kuesioner, atau membentuk segmen konten khusus untuk bertanya kepada para audiens. Dengan banyaknya tools dan fitur di media sosial saat ini, mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan masyarakat akan menjadi lebih mudah. Contohnya, menggunakan Instagram kuis, polling di Twitter, dan lain sebagainya. Membangun komunitas melalui media sosial memang dapat menjadi unsur penting dalam perkembangan brand untuk meraih kesuksesan. Dengan memiliki komunitas yang kuat ini, brand akan lebih mudah untuk mendapat masukan dan akan mengetahui hal penting yang perlu mereka lakukan sehingga strategi yang mereka rumuskan dapat lebih efektif dan efisien.

Contact Us

Instagram      : @dmccomm_id

Website          : dmc-indonesia.com