Catat, Ini Caranya Branding Lewat Media Sosial

Media sosial telah menjadi saluran komunikasi yang semakin populer dalam membangun brand bagi hampir semua jenis usaha. Branding melalui media sosial memang relatif efektif untuk menjangkau khalayak luas sehingga suatu merk dapat tertanam kuat di benak konsumen. Tetapi, bisa menjadi blunder jika dilakukan tanpa rencana dan strategi matang. Oleh sebab itu, harus diterapkan secara terencana dengan strategi tepat agar lebih optimal.

Tentukan Tujuan Branding 

Tujuan adalah hal pertama yang perlu diperhatikan. Jadi, tentukan tujuan Anda terlebih dahulu sebelum memulai branding lewat media sosial. Apa tujuan Anda branding melalui media sosial? Apakah ingin membangun hubungan Anda dengan pelanggan? Apakah ingin menunjukkan eksistensi atau lainnya? Tujuan yang jelas dapat menuntun arah aktivitas media sosial.

Pahami Target Konsumen

Definisikan target konsumen Anda berdasarkan usia, lokasi, jenis kelamin, minat, kebutuhan, perilaku dan sebagainya. Uraikan pula tantangan dalam meraih target konsumen tersebut. Dari sana, Anda bisa memahami target konsumen. Pemahaman terhadap target konsumen berkaitan dengan konten dan jenis media sosial yang akan disajikan.  

Pilih Platform Media Sosial yang Tepat

Ada begitu banyak platform media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk branding. Aktif di banyak platform media sosial memang menggoda. Tapi, belum tentu efektif. Masing-masing platform media sosial unik dan memeiliki karakteristik tersendiri. Facebook, misalnya, cocok untuk konten berita dan video hiburan, Instagram untuk visual menarik, dan Linkedin untuk menunjang business-to-business (B2B).

Konten Berkualitas dan Shareable

Bagikan konten yang bisa membantu memecahkan masalah target konsumen Anda. Konten-konten tersebut bisa saja bersifat menghibur, mengedukasi, atau sharing pengalaman. Jika target konsumen merasa terbantu dengan konten-konten Anda, bukan tak mungkin mereka akan membagikannya kepada orang lain. Brand Anda pun akan tersebar lebih luas.

Konsisten Branding Media Sosial

Konsistensi penting agar media sosial Anda menjadi lebih memorable. Konsistensi ini bisa dilihat dari berbagai aspek, misalnya jadwal posting, tone dan lain-lain.

Dengar dan Respon

Tanggapi setiap feedback yang masuk, baik positif dan negatif. Tunjukkan bahwa Anda mendengar konsumen. Tak sekadar mendengar, tapi juga merespon mereka. Ini adalah bentuk apresiasi yang priceless kepada konsumen.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com