Bagaimana Membuat Design Annual Report yang Powerful?

Laporan tahunan (annual report) sering dianggap sebagai tantangan berat dari sisi visual. Selain karena ini merupakan sebuah ‘laporan’, desain annual report juga kerap terbentur dengan aturan dari internal maupun eksternal perusahaan. Namun, masih ada beberapa cara untuk mengubah ‘laporan’ ini menjadi proyek desain yang menyenangkan, mudah dimengerti, dan diingat. Nah, berikut beberapa cara agar desain annual report lebih ‘powerful’.

 

Desain Annual Report dengan Menyelaraskan dengan Tema

Hal pertama yang bisa dilakukan terkait dengan tema adalah menyesuaikannya dengan tema annual report. Desain annual report harus relevan dan mendukung tema yang hendak disampaikan. Hindari merancang annual report yang justru bertolak belakang atau tidak memiliki hubungan dengan tema annual report. Tema menjaga atau mempertahankan kinerja di tengah krisis ekonomi global, misalnya, kurang relevan bila dikaitkan dengan desain yang terlalu banyak menampilkan anak panah mengarah ke atas secara vertikal atau yang menimbulkan kesan kenaikan atau pertumbuhan. 

 

Jadikan Data Visual

Infografis adalah salah satu alat paling berharga dalam hal laporan dengan banyak angka. Infografis mampu membuat deretan angka lebih ‘terlihat’. Alih-alih menuliskan angka dalam format paragraf, ikon-ikon tertentu dapat digunakan untuk menunjukkan informasi yang lebih mudah dipahami. Tak hanya lebih mudah dipahami, visualisasi data berarti menciptakan elemen visual yang menarik pembaca menyelam ke halaman demi halaman.

 

Gunakan ‘Space’ dengan Bijak

Salah satu teknik desain yang paling mempengaruhi laporan tahunan adalah ruang (space). Dengan dokumen yang dikemas dengan informasi seperti laporan tahunan, informasi membutuhkan banyak ruang untuk ‘bernafas’. Pertimbangkan margin yang lebarnya membuat ‘nyaman’ pembaca. Jadi, hindari menjejalkan terlalu banyak data dalam satu halaman yang membuat halaman tersebut terlihat penuh sesak.

 

Desain Annual Report dengan Manfaatkan Foto yang Bagus

Desain dalam annual report akan semakin ‘kuat’ dengan memanfaatkan foto-foto yang memiliki nilai estetika tinggi dan pesan yang ‘kuat’ pula. Foto dapat menambahkan elemen manusia atau ‘menghidupkan’ produk atau layanan yang disajikan dalam annual report.

 

Buat Pengalaman Interaktif

Annual report juga bisa menghadirkan pengalaman-pengalaman baru bagi pembaca. Jika selama ini infografis disajikan dalam bentuk dua dimensi, misalnya, cobalah kombinasikan dengan bentuk tiga dimensi. Hal ini dapat menghindari annual report dari sifat monoton dan sekaligus lebih menarik untuk dilihat oleh pembaca.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com