Mau Sukses Branding di Media Sosial? Kuncinya Berinteraksi dengan Customer

Interaksi di media sosial sangat lah penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan branding. Media sosial telah menjelma menjadi platform untuk berbagai tujuan. Salah satunya adalah branding bagi entitas perusahaan atau individu. Sayangnya, sejumlah perusahaan atau individu yang hendang melakukan branding belum berhasil mencapai tujuannya. Mengapa? Jawabannya sederhana: karena tidak adanya keterlibatan dengan khalayak sasarannya. Tanpa interaksi, media sosial hanyalah media. Orang tidak menggunakan jejaring sosial untuk pengalaman satu arah. Mereka mencari koneksi—dengan orang-orang dan dengan merek.

Apa yang dimulai sebagai cara orang untuk bergaul dengan teman-teman mereka secara online telah berubah menjadi tempat di mana merek dapat terlibat dalam percakapan yang bermakna dan mengubah percakapan tersebut menjadi pengikut dan pelanggan. Inilah yang kemudian dikenal dengan istilah keterlibatan media sosial, yakni ukuran bagaimana orang berinteraksi dengan akun dan konten media sosial. 

Interaksi Media Sosial

Bentuk keterlibatan atau engage di media sosial dapat mencakup:

  • Likes and favorites
  • Comments, DM, Replies
  • Shares and Retweets
  • Saves
  • Clicks

Mengapa Interaksi di Media Sosial Sangat Penting?

Interaksi di media sosial memiliki dampak besar pada bisnis, mulai dari kesadaran merek hingga loyalitas pelanggan. Media sosial bukanlah ‘etalase’ untuk memajang berbagai produk atau jasa Anda. Pengguna media sosial tidak seluruhnya calon pelanggan yang siap berbelanja di ‘etalase’ tersebut. Mereka juga membutuhkan perhatian, informasi, dan penjelasan lebih lanjut terhadap produk atau jasa Anda. Ini sebenarnya manusiawi karena pada dasarnya pengguna media sosial juga merupakan manusia. Jadi, sudah sepantasnya memperlakukan mereka sebagai insan manusia. Kini, media sosial adalah pilihan nomor satu untuk layanan pelanggan. Setiap bulan, contohnya, orang dan perusahaan bertukar 8 miliar pesan di Facebook. Maka, berilah respon terhadap comment atau sejenisnya dari mereka. Tapi, respon belumlah cukup. Pelanggan mengandalkan Anda untuk memberikan respon dengan cepat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Twitter pada tahun 2016, 71% pengguna mereka mengharapkan merek untuk merespons dalam waktu satu jam.  Di sini, interaksi sangat penting untuk melibatkan pelanggan. Dari upaya-upaya untuk melibatkan pelanggan inilah akan terbentuk brand engagement yang kuat. Artinya, ada unsur emosional antara Anda dan pelanggan.

 

Baca juga artikel : Apa Saja Manfaat Media Sosial untuk Distribusi Konten?

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com