Jumlah Followers, Masih Pentingkah?

Jumlah followers media sosial tetap menjadi pembahasan yang menarik dari waktu ke waktu. Sempat ‘dikultuskan’ hingga merebaknya jual-beli fake followers, masihkah jumlah followers penting untuk mendukung bisnis?

 

Tak dipungkiri, perusahaan maupun individu akan lebih tertarik bila memiliki jumlah followers banyak pada akun media sosialnya.  Terlebih bila followers tersebut diperoleh secara organik. Namun, dikutip dari Jenns Trends, jumlah pengikuti di media sosial tidak menjamin suatu akun media sosial nge-‘hits’. Hal ini berkaitan dengan kasus influencer yang mengiklankan produk di media sosialnya.

Kurang-lebih, ilustrasinya seperti ini. Suatu perusahaan memiliki produk A pada etalase bisnisnya. Perusahaan itu menggunakan ‘jasa’ influencer B untuk memasarkan produk A. Jumlah followers influencer B tercatat 50 ribu orang. Sayangnya, dari jumlah tersebut hanya 35 yang membeli produk A. Sisanya? Ya, lihat-lihat saja.

Secara spesifik, ilustrasi di atas memang terkait dengan ‘kontribusi’ influencer terhadap penjualan produk A. Lantas, kenapa akhirnya banyak followers yang sekadar lihat-lihat? Banyak faktornya. Salah satu yang paling dasar adalah terkait konten yang dibuat. Jika isi dari posting-an tidak menarik, followers akan cuek

Jumlah Followers Berpengaruh Pada Trust Audiens

Namun, bukan berarti followers yang banyak berarti powerless. Pada beberapa akun media sosial, si pemilik akun memiliki kekuatan tersendiri yang mungkin bisa memengaruhi minat pengikutnya. Sekali lagi, ini sangat subjektif dan sifatnya kasus per kasus. Setidaknya, akun media sosial yang followers-nya banyak lebih dapat dipercaya dibandingkan dengan yang jumlahnya sedikit. Alih-alih melihat jumlah followers dalam satu periode waktu tertentu, lebih relevan bila mengukurnya dari waktu ke waktu atau disebut follower growth. Dengan indikator ini, Anda bisa tahu seberapa baik perkembangan followers di akun media sosial. Pada akhirnya, follower growth bisa mengarahkan apa yang Anda bisa lakukan untuk terus meningkatkannya dengan cara-cara wajar.

 

Meskipun akun media sosial perusahaan Anda sudah memiliki banyak followers, tapi jangan lupa juga untuk me-maintain followers Anda. Caranya, Anda bisa berinteraksi dengan mereka melalui kolom komentar, DM, ataupun sekadar mengadakan kuis berhadiah untuk menghibur mereka.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com