Apa Saja Gunanya Media Sosial Sebagai Platform Komunikasi?

Kegunaan media sosial bagi perusahaan, tidak hanya bisa dijadikan sebagai platform untuk memasarkan produk atau jasa. Media sosial pun bisa menjadi wadah komunikasi yang efektif. Lantas, apa saja kegunaan media sosial untuk berkomunikasi?

 

Media Sosial Sebagai Manajemen Reputasi

Pelanggan sudah membicarakan Anda di media sosial, terlepas dari apakah Anda ada di sana untuk merespons atau tidak. Jika Anda dan tim Anda siap, Anda dapat mengambil posisi yang penting tentang merek Anda. Jika Anda sudah berada di posisi yang tepat, maka Anda bisa mengatasi hal negatif sebelum berubah menjadi masalah besar. Pastikan untuk membagikan cerita dari sudut pandang Anda dengan cara yang sopan dan profesional. Bila ada pujian, balaslah dengan ucapan terima kasih dan rendah hati.

 

Komunikasi Krisis

Apakah perusahaan Anda memiliki rencana untuk menghadapi krisis? Diam bukanlah pilihan dalam menanggapi krisis di media sosial. Mengelola akun media sosial harus memuat rencana dalam menghadapi krisis seburuk apapun. Memang, mustahil untuk mengarahkan netizen berpendapat di media sosial. Namun, bila ada pesan yang menyudutkan Anda, menyerang balik atau bahkan mengintimidasi justru bisa menjadi back fire bagi Anda.

 

Keterlibatan Pelanggan dan Audiens Melalui Media Sosial

Tidak seperti media tradisional yang hanya menawarkan komunikasi satu arah, media sosial adalah jalan dua arah. Jejaring sosial memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Begitu pula sebaliknya. Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk merespon apapun dari pengguna media sosial. Keterlibatan akan mudah pudar dan hilang. Bila sudah demikian, akan sulit untuk mengembalikannya.

 

Layanan Pelanggan dan Dukungan Pelanggan

Banyak calon konsumen atau konsumen mengharapkan merk tertentu dapat ditemukan di media sosial. Mereka akan cenderung mencari akun sosial merek tersebut. Ini merupakan salah satu bentuk layanan pelanggan. Jika calon konsumen atau konsumen puas dengan layanan pelanggan Anda, maka Anda akan meraih dukungan pelanggan. Tapi, meraih dukungan pelanggan ini tidak mudah. Sekitar setengah dari pengguna media sosial mengharapkan tanggapan dari merk di media sosial dalam waktu tiga jam. Jika kesibukan Anda Sangat tidak mungkin dibatasi, maka manfaatkanlah platform layanan pelanggan tertentu yang dapat membantu Anda menangani pesan masuk di media sosial, email, pesan teks, dan obrolan langsung.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com