Hati-Hati, Ini Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Penerapan SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan aktivitas untuk mengoptimasi traffic website. Semakin meningkat trafik sebuah website, semakin baik engagement-nya. Namun, menerapkan SEO memerlukan strategi tertentu agar berjalan efektif. Sayangnya, masih cukup banyak kesalahan yang terjadi saat pemilik website mencoba untuk menerapkan SEO. Berikut adalah sejumlah kesalahan yang umum ditemui saat pengguna ingin menerapkan SEO.

 

Konten Buruk 

Kualitas konten adalah segalanya. Seringkali, pemilik website membuat konten yang hanya bisa dimengerti oleh mereka sendiri atau menurut mereka menarik. Ingat, konten yang baik juga harus dapat menarik perhatian target audience Anda.

 

Salah Memilih Keyword

Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan saat menentukan kata kunci adalah mengabaikan preferensi dari mesin pencari, khususnya untuk long-tail keyword. Masih banyak pemilik website yang berkutat pada keyword detil dan terperinci untuk produk atau layanannya agar terlihat sederhana. Padahal, merujuk kepada keyword apa yang sering dicari oleh pelanggan justru lebih penting.

 

Kesalahan SEO : Melewatkan Title Tags dan Meta Description

Jangan anggap sepele title tags dan meta description. Kedua elemen tersebut memiliki peran penting untuk mengarahkan pengguna internet agar mengunjungi website tertentu saat mencari sesuatu di halaman pencarian mesin pencari.

 

Kesalahan SEO : Kecepatan Website ‘Lemot’

Salah satu faktor yang paling mempengaruhi dalam menentukan peringkat adalah user experience yang baik. Nah, kecepatan menjadi salah satu indikator user experience yang baik. Semakin cepat website Anda, maka pengguna makin menyukai website Anda.

 

Kesalahan SEO : Tidak Mobile-Friendly

Kesalahan lainnya ialah sulit mengakses website pada perangkat mobile, seperti smartphone. Mesin pencari tertentu sangat memperhatikan situs yang mengutamakan tampilan pada mobile. Hal ini terkait keperluan indeks dan ranking oleh mesin pencari tersebut. Website yang mobile-friendly terkait dengan load time atau desain yang responsif. 

 

Menerapkan Keyword Stuffing

Keyword stuffing merupakan teknik memadatkan kata kunci dan menggunakannya terlalu sering tanpa konteks dan relevansi. Ini merupakan trik lama untuk ‘memanipulasi’ mesin pencari. Algoritma mesin pencari akan terus up-date untuk mengendus teknik-teknik yang termasuk spam ini.

 

Menginginkan Hasil Instan

Membangun SEO bukan merupakan proses yang memakan waktu cepat karena ‘sifat’ aslinya adalah organik. Lupakan SEO jika ingin meraih hasil instan. SEO merupakan investasi jangka panjang.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com