Apa yang Dimaksud dengan Kinerja Keberlanjutan dalam Laporan Keberlanjutan?

Pada sebuah laporan keberlanjutan, umumnya juga terdapat bagian kinerja keberlanjutan. Kinerja keberlanjutan ini memuat kinerja perusahaan dari berbagai aspek secara holistik. Apa maksudnya? Laporan harus berupaya untuk menyajikan kinerja dalam kaitannya dengan konsep keberlanjutan yang lebih luas. Hal ini termasuk mengenai pembahasan kinerja perusahaan dalam konteks keterbatasan-keterbatasan dan permintaan yang terletak pada sumber daya lingkungan atau sosial di tingkat sektor, lokal, regional, maupun global.

 

Secara garis besar, kinerja keberlanjutan dalam Laporan Keberlanjutan bisa disusun seperti di bawah ini.

Aspek Kinerja Ekonomi dalam Kinerja Keberlanjutan

Sejumlah indikator yang bisa dicantumkan di sini antara lain pendapatan usaha, laba tahun berjalan, pendapatan lainnya, biaya operasi, biaya pegawai, jumlah pegawai, pembayaran kepada Pemerintah (jika ada). Selain itu, rincian indikator lainnya adalah nilai ekonomi yang dihasilkan dan didistribusikan secara langsung, termasuk pendapatan, biaya operator, kompensasi kepada karyawan, donasi dan investasi ke masyarakat. Selanjutnya adalah implikasi keuangan dan berbagai risiko dan peluang untuk segala aktivitas perusahaan dalam menghadapi perubahan iklim hingga bantuan keuangan finansial signifikan yang diperoleh dari Pemerintah (bila ada). Lebih menariknya, berbagai indikator tersebut ditampilkan dalam bentuk infografis.

 

Kinerja Lingkungan dalam Kinerja Keberlanjutan

Pengungkapan kinerja lingkungan menjadi hal yang sangat penting guna menunjukkan eksistensi dan keikutsertaan perusahaan dalam menangani masalah lingkungan. Pengungkapan kinerja lingkungan juga bisa menjadi sebagai semacam laporan tanggung jawab perusahaan secara moril terhadap lingkungan. Ada sejumlah indikator yang bisa ditampilkan di bagian kinerja lingkungan. Diantaranya, konsumsi energi, debit air yang dikonsumsi, penggunaan air daur ulang dan sebagainya. Tampilan data berupa infografis akan memudahkan pembaca mencerna bagian ini.

 

Kinerja Sosial dalam Kinerja Keberlanjutan

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Soelistyoningrum (2011) menyatakan bahwa dengan adanya pengungkapan kinerja sosial dalam sustainability report, dapat meningkatkan legitimasi perusahaan di masyarakat sehingga diharapkan akan meningkatkan nilai perusahaan dan mempengaruhi tingkat penjualan serta tingkat laba perusahaan. Ada beberapa indikator yang termasuk dalam aspek sosial. Diantaranya, jumlah warga yang diberdayakan atau penerima manfaat, warga yang dilatih, pembangunan fasilitas sosial, dan penyuluhan hingga kepuasan pelanggan.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com