Catat, Ini Komponen yang Sebaiknya Terdapat pada Laporan Keberlanjutan

Komponen laporan keberlanjutan memang belum ada standar baku dalam penyusunannya. Sejumlah perusahaan atau organisasi (skala menengah-besar) menyusun laporan berkelanjutan yang digabungkan dengan sertifikasi. Beberapa perusahaan lain memilih untuk membuat laporan keberlanjutan dengan sedikit ‘kreativitas’. 

Meski belum ada standar baku, sejumlah komponen sebaiknya tercantum dalam laporan keberlanjutan. Komponen-komponen yang mengacu pada Global Reporting Initiative (GRI) tersebut antara lain:

  • Pernyataan CEO 
  • Struktur tata kelola dan model bisnis perusahaan
  • Indikator kinerja ekonomi (pasar, kinerja, dampak, dan lain-lain)
  • Indikator kinerja lingkungan (bahan baku, energi, air, keanekaragaman hayati, emisi, limbah dan lain-lain)
  • Analisis SWOT dalam konteks keberlanjutan
  • Indikator kinerja tenaga kerja
  • Indikator kinerja hak asasi manusia

Komponen Aspek Laporan Keberlanjutan

Beberapa komponen aspek yang perlu dicantumkan dalam laporan keberlanjutan, antara lain

Aspek kepatuhan, ketenagakerjaan, manajemen, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pelatihan dan pendidikan, praktik investasi dan pengadaan, nondiskriminasi, kebebasan berserikat dan perundingan kolektif, praktik keamanan, korupsi, kebijakan publik, kesehatan dan keselamatan konsumen, komunikasi pemasaran, serta aspek transportasi. 

Komponen-komponen di atas tidak hanya menyangkut aspek ekonomi, melainkan juga aspek-aspek lain, seperti sosial, masyarakat, dan lingkungan. Informasi mengenai masing-masing komponen tersebut sebaiknya disajikan cukup komprehensif. Seluruh informasi mengenai tiap-tiap komponen tersebut akhirnya akan menjadi sebuah pertanggung jawaban perusahaan terhadap seluruh pemegang saham (shareholder) maupun pemangku kepentingan (stakeholder).

Jika Anda sedang dalam proses penyusunan laporan keberlanjutan, jangan lupa untuk mencantumkan komponen-komponen tersebut agar laporan Anda menjadi lengkap dan benar sehingga bisa menjadi daya tarik bagi calon investor maupun publik yang membaca laporan keberlanjutan perusahaan Anda. Apabila masih bingung dalam menyusun laporan keberlanjutan, Anda bisa berdiskusi dengan kami karena kami memiliki tim penyusun laporan keberlanjutan yang sudah berpengalaman, mulai dari tim assesor (penilai), copywriter, maupun designer. Kami juga telah melayani beberapa klien perusahaan besar. Untuk melihat berbagai layanan kami lainnya, Anda bisa mengunjungi website kami www.dmc-indonesia.com. Yuk bergabung bersama kami sekarang juga untuk dapatkan layanan terbaik dan mencapai tujuan perusahaan Anda. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com