Apakah Sambutan Dewan Komisaris dan Direksi dalam Laporan Keberlanjutan Sekadar Formalitas?

Selain laporan tahunan (annual report), sambutan Dewan Komisaris dan Direksi–terkadang disebut juga dengan laporan–juga terdapat pada laporan keberlanjutan. Namun, apakah komponen sambutan Dewan Komisaris dan Direksi hanya formalitas dalam laporan keberlanjutan? 

 

Komponen Sambutan Dewan Komisaris

Secara garis besar, tugas utama Dewan Komisaris adalah melakukan pengawasan terhadap pengurusan perusahaan atau organisasi yang dilakukan oleh Direksi. Tugas Dewan Komisaris juga mencakup memberikan nasihat berkenaan dengan kebijakan Direksi dalam menjalankan Perusahaan. Sambutan Dewan Komisaris bisa berupa gambaran umum manifestasi visi dan misi perusahaan dalam upayanya memaksimalkan nilai perusahaan bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan. Dalam mewujudkan misi tersebut, Dewan Komisaris senantiasa melakukan pengawasan terhadap kebijakan dan program yang dijalankan perusahaan. Hal ini dilakukan agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. 

Sambutan Direksi

Sementara itu, tugas pokok Direksi adalah melaksanakan pengurusan perusahaan sesuai kepentingan dan tujuan perusahaan. Direksi bertindak selaku pimpinan dalam pengurusan tersebut. Lebih rinci, Direksi melakukan segala tindakan pengurusan maupun mengenai pemilikan kekayaan perusahaan. Termasuk mengikat perusahaan dengan pihak lain sesuai pembatasan yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar Perusahaan. Sambutan Direksi dalam Laporan Keberlanjutan mengacu kepada Profit, People, Planet (3P). Konsep Profit yang berorientasi kepada pertumbuhan revenue perusahaan harus dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap kepedulian kepada komunitas dan masyarakat penyangga serta menjaga kualitas lingkungan.

Tak lupa, Direksi menjabarkan berbagai program CSR terhadap people atau masyarakat sekitar yang ditekankan pada program-program pendidikan dan pemberdayaan ekonomi. Terakhir, Direksi bisa menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakeholder yang telah turut memberikan sumbangsihnya terhadap perkembangan perusahaan dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Jadi, Sambutan Dewan Komisaris dan Direksi dalam Laporan Keberlanjutan bukan sekadar formalitas. Makna Sambutan Dewan Komisaris dan Direksi lebih luas daripada itu sehingga menjadi ‘cermin’ pengelolaan perusahaan dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karena itu, dalam penyusunan laporan keberlanjutan perlu dicantumkan sambutan/laporan Dewan Komisaris dan Direksi yang menggambarkan kondisi perusahaan. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com