Apa Itu Konsultan Media?

Suatu perusahaan atau organisasi dapat mencapai tujuannya dengan beragam cara. Keberhasilan mencapai tujuan ini tak terlepas dari hubungannya dengan para pemegang saham (shareholder) serta pemangku kepentingan (stakeholder), seperti Pemerintah, media, dan masyarakat luas. Hubungan baik antara perusahaan dan pemegang saham serta pemangku kepentingan ini bisa terbantu dengan kehadiran konsultan media. 

Jadi, apa sebenarnya konsultan media itu? Bisa diartikan sebagai pihak yang dipekerjakan oleh perusahaan, organisasi maupun individu untuk mendapatkan citra (image) tertentu. Citra ini bisa terbentuk melalui informasi yang disajikan melalui berbagai saluran komunikasi, seperti televisi, radio, koran, website, media sosial dan lain-lain. Konsultan medialah yang berpartisipasi atau turut terlibat dalam penyajian informasi tersebut.

Informasi yang disajikan bisa berupa press release, advertorial, konten media sosial, desain grafis, infografis, materi video, audio, iklan dan sebagainya. Lingkup pekerjaannya mencakup konsepsi, kreasi, pengembangan, produksi, distribusi hingga evaluasi. Selain itu, konsultan media juga bisa menjembatani antara perusahaan dan media, misalnya mengadakan media gathering, press tour, dan press conference.

Peran Konsultan Media Dalam Perusahaan

Keberadaan konsultan media dapat membantu perusahaan lebih fokus dalam menjalankan bisnis intinya. Sebuah perusahaan minyak, misalnya, ingin informasi CSR yang dilakukannya dapat tersebar luas. Maka, perusahaan tersebut dapat menggunakan jasa konsultan media untuk menyusun konsep, mengeksekusi materi foto atau video, menulis press release, dan menyebarkan informasi kepada media massa. Informasi yang tersebar luas dapat membantu terbentuknya citra yang diinginkan oleh perusahaan. Bukan tak mungkin, informasi yang tersampaikan ke khalayak luas dapat membantu peningkatan sales perusahaan.

Di samping itu, bisa juga memberi masukan, nasihat hingga kritik kepada perusahaan terhadap suatu isu. Pihak konsultan akan memberikan sudut pandang–yang umumnya–berbeda dengan perusahaan. Dengan begitu, perusahaan tidak melulu memandang suatu isu dari sudut pandang internal, melainkan sudut pandang yang lebih luas dan beragam. 

Demikianlah berbagai peran konsultan untuk perusahaan. Jika menginginkan kegiatan komunikasi perusahaan yang efisien dan tepat tujuan, Anda bisa menghubungi PT Duta Mutiara Citra.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com