Apa yang Dimaksud dengan Laporan Keberlanjutan?

Selain laporan tahunan (annual report), ada satu laporan lain yang biasanya disusun oleh sebuah perusahaan. Laporan tersebut adalah laporan keberlanjutan atau sustainability report. Lalu, apa yang dimaksud dengan laporan keberlanjutan?

Laporan keberlanjutan perusahaan adalah laporan yang memuat berbagai informasi tentang dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial. Dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial tersebut terkait dengan kegiatan sehari-hari suatu perusahaan atau organisasi. Laporan ini juga menyajikan nilai-nilai dan model tata kelola perusahaan. Selain itu juga dapat menunjukkan hubungan antara strategi dan komitmen perusahaan terhadap ekonomi global yang berkelanjutan.

Sama seperti annual report, biasanya laporan keberlanjutan diterbitkan oleh perusahaan atau organisasi tiap tahunnya secara berkala. Laporan ini sering diidentikan dengan istilah lain untuk laporan non-keuangan; laporan triple bottom line, laporan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan sebagainya. Selain itu, juga bisa dijadikan sebagai elemen intrinsik dari sebuah laporan terintegrasi atau perkembangan terbaru yang menggabungkan analisis kinerja keuangan dan non-keuangan.

Dikutip dari globalreporting.org, laporan keberlanjutan merupakan platform kunci untuk mengomunikasikan kinerja dan dampak keberlanjutan suatu perusahaan, baik positif atau negatif. Laporan keberlanjutan bisa membantu perusahaan untuk mengukur, memahami, dan mengomunikasikan kinerja ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola mereka. Manajemen perusahaan dapat menetapkan sasaran ke depan atau mengelola perubahan secara lebih efektif. 

Setiap keputusan atau kebijakan manajemen perusahaan akan berdampak langsung atau tidak langsung terhadap para pemangku kepentingan mereka, seperti Pemerintah, lembaga keuangan, organisasi buruh, dan masyarakat. Sebagian keputusan tersebut, tidak didasarkan pada informasi keuangan saja. Tak sedikit keputusan manajemen perusahaan didasarkan pada penilaian risiko dan peluang non-keuangan dengan menggunakan informasi tentang berbagai masalah yang segera dan yang akan datang. 

Dengan kata lain, melalui laporan keberlanjutan, manajemen menunjukkan kepada para pemangku kepentingan untuk menyadari bagaimana mengintegrasikan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam operasi sehari-harinya.

Singkatnya, proses laporan keberlanjutan adalah suatu proses transparansi untuk memastikan perusahaan atau organisasi telah mempertimbangkan berbagai dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan dari seluruh kegiatan yang dilakukan. Transparansi tersebut dapat mengarahkan perusahaan pada pengambilan keputusan yang lebih baik di masa depan. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com