Mau Branding? Lewat Jasa Media Sosial Aja!

Sebuah merek perlu branding agar dikenal kalangan luas, terutama target market-nya. Branding ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Lewat jasa media sosial adalah salah satunya.

Media sosial berkembang begitu pesat dan hampir semua orang menggunakannya. Facebook dan Twitter yang keduanya ini mampu menggeser Friendster secara perlahan hingga pada 2011. Friendster benar-benar hilang dari peredaran dan diganti menjadi situs game. Terlebih sekarang bermunculan media sosial seperti Instagram.

Berjayalah Facebook, Twitter, dan Instagram. Menariknya adalah adanya manfaat yang semakin hari semakin nyata, yaitu aktivitas marketing melalui kedua media sosial tersebut, seperti branding, promosi, bahkan berjualan online secara langsung.

Sekarang, hampir semua industri kecil dan besar dengan berbagai brand melibatkan diri mereka untuk melakukan aktivitas marketing seperti branding. Ketiga media sosial yang lebih banyak digunakan (Facebook, Twitter, dan Instagram). Inilah salah satu manfaat di balik penggunaan media sosial.

Tak dipungkiri, media sosial semakin digandrungi oleh banyak perusahaan untuk mendongkrak kinerja bisnis ataupun merek. Media sosial kini menjelma menjadi tools penting untuk branding. Apalagi pengguna media sosial di Indonesia terbilang tinggi. Memanfaatkan situs jejaring sosial sebagai ladang bisnis memang menjadi pilihan tepat para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Tak hanya meningkatkan brand produk, saat ini jejaring sosial juga digunakan sebagai media campaign bagi lembaga atau sosok yang akan diangkat citranya.

 

Menyediakan Banyak Kesempatan

Lebih dari 1 milyar orang di seluruh dunia menggunakan Facebook, Twitter, dan Instagram. Beberapa pebisnis sekarang adalah generasi dengan usia dewasa yang memiliki kebutuhan berbeda-beda. Oleh karena itu, masih banyak pangsa pasar yang masih luas untuk dikembangkan.

Media sosial menyediakan banyak kesempatan untuk membangun jaringan bagi usaha kecil dan menengah. Pelanggan yang puas akan suatu produk, bukan tidak mungkin mereka akan merekomendasikannya kepada keluarga, saudara, dan teman-teman mereka.

Pelanggan perusahaan akan memberitahu calon pelanggan lain tentang produk perusahaan tersebut untuk menguji market baru dan responnya dari konsumen. Tidak mengherankan bila usaha jasa branding via jejaring sosial tengah banyak dicari konsumen.

Membangun Kepercayaan Pelanggan

Belum lagi masalah kepercayaan sangatlah penting. Pelanggan atau calon pelanggan biasanya melihat dulu testimoni dari pelanggan lebih dulu dari pebisnis yang memiliki account Facebook, Twitter, atau Instagram.

Banyak jejaring sosial yang diminati para pelaku usaha jasa branding produknya, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, hingga Instagram. Tentu saja, peran pentingnya tidak bisa dilepas begitu saja dari tools pemasaran yang lain.

Berbagai tools itu saling terintegrasi. Kalau sebuah merek/produk mau diluncurkan, media sosial digunakan untuk menyebar informasi yang sifatnya membuat teman atau pengikutnya menjadi penasaran. Dengan begitu, brand produk itu akan terdongkrak dan banyak dicari/ditunggu orang.

Dalam branding, umpamanya, jika terjadi akumulasi komentar positif dari pengguna merek tertentu, hal itu selain dapat meningkatkan awareness merek, besar kemungkinan juga ikut meningkatkan penjualan. Untuk pembuatan akun, pelaku usaha bisa menggunakan nama dirinya ataupun nama yang menarik tetapi tetap ada kesan formal, agar bisa terlihat bagaimana profesionalitas usahanya. Walaupun terintegrasi, efektivitas pemanfaatan media sosial tetap tergantung pada admin pengelolanya. Jadi, semakin banyak admin atau pemilik usaha tersebut mem-posting tulisan, maka semakin sering pula aktivitasnya diketahui oleh orang yang menjadi pengikut-nya di akun tersebut. Selain mempromosikan produk baik UKM ataupun perusahaan skala besar di media sosial, usaha jasa branding ini juga melayani branding untuk satu kelompok tertentu ataupun perorangan.

Pada bulan-bulan tertentu, seperti bulan Ramadhan, Lebaran, tahun baru, bahkan pada saat pesta politik, banyak perorangan atau kelompok tertentu yang ingin di-branding agar terkenal di kalangan masyarakat luas. Momen pemilu pun tak luput dari incaran tokoh-tokoh untuk mem-branding dirinya.

Jalankan Branding Sendiri atau Serahkan ke Ahlinya?

Orang-orang lebih suka membeli produk yang mereknya sudah populer. Selain itu, menurut penelitian sebuah strategi pemasaran, orang lebih memilih produk yang memiliki akun Facebook, Twitter, dan Instagram, ketimbang pebisnis atau produk yang tidak memilikinya.

Terkadang memang timbul pertanyaan, mengapa tidak perusahaan ataupun orang itu untuk mem-branding produk atau dirinya? Hal ini terkait dengan efektivitas waktu yang dibutuhkan bila seseorang mem-branding produk atau dirinya sendiri di akun jejaring sosial pribadi.

Untuk memperkenalkan jasa branding produk ataupun orang via online dan jejaring sosial, bisa dilakukan dengan mempromosikannya secara online yakni pengenalan melalui website, Facebook, Instagram, Telegram, hingga Twitter. Selain itu juga bisa melakukan promosi dengan menyebarkan brosur hingga beriklan di berbagai media, baik media online ataupun offline seperti media cetak dan elektronik.

Pendekatan langsung ke perusahaan besar maupun UKM dengan mengajukan proposal dan mempresentasikan keunggulan dari usahanya juga perlu dilakukan agar konsumen bisa mendapatkan bukti yang real dari usaha tersebut.

Dalam menjalankan usaha ini tidak dibutuhkan modal yang banyak, pelaku usaha hanya memerlukan perlengkapan sederhana seperti perangkat komputer dan modem saja. Karena usaha ini berhubungan dengan online, maka tidak diperlukan tempat dan perlengkapannya di awal usaha. Namun bila usaha yang dijalankan sudah berkembang, pelaku usaha bisa menyewa tempat usaha dan mengurus badan usaha agar lebih profesional.

Meskipun dapat dijalankan dengan modal yang kecil, namun pelaku usaha harus lebih dulu aktif di dunia jejaring sosial. Hal tersebut agar membentuk popularitas dan portofolio usahanya di mata konsumen. Sayangnya, membentuk popularitas dan konsisten aktif di media sosial bukanlah proses mudah serta memerlukan waktu tidak sebentar. Jadi, menggunakan pihak ketiga untuk branding via media sosial bisa menjadi opsi bijak.

 

Contact Us

Instagram : @dmccomm_id

Website    : dmc-indonesia.com