Ingin Optimalkan Media Sosial untuk Pemasaran? Ini Caranya!

Memasarkan suatu bisnis bukanlah perkara sepele. Anda boleh saja mengklaim produk atau jasa Anda high quality. Tapi, kalau Anda belum tepat memasarkannya, bisa jadi produk atau jasa tersebut tak diserap pasar. Lalu, Bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk pemasaran bisnis Anda? 

Kegiatan marketing sangat penting bagi semua pelaku usaha baik yang skala besar maupun kecil. Seiring perkembangan era komunikasi digital kegiatan pemasaran pun bergeser kepada platform-platform digital salah satunya yang paling populer adalah media sosial.

Perkembangan media komunikasi di era digital sangat cepat, media sosial yang awalnya banyak digunakan hanya sebagai sarana mengekspresikan diri saat ini berkembang menjadi platform digital marketing yang paling banyak digunakan sebagai media promosi. Hampir semua pemilik usaha menggunakan iklan media sosial sebagai media mereka.

Iklan Media Sosial Meningkatkan Profit

Tujuan utama bisnis adalah menjual produk dan layanan untuk mendapatkan keuntungan. Melalui iklan media sosial, pemilik usaha akan mendapat keuntungan dengan membuat lebih banyak orang tahu tentang produk yang mereka jual sehingga dapat meningkatkan profit bisnis mereka. Iklan media sosial juga dapat membantu konsumen dalam membuat keputusan berkaitan dengan produk dan layanan yang akan dibeli.

Semua pemilik usaha pasti melakukan kegiatan marketing dan kegiatan marketing ini terkadang harus mengeluarkan budget yang tidak sedikit. Biasanya, para pemilik usaha akan mencari solusi yang efektif dengan harga terjangkau dan tetap bisa mengiklankan produk secara optimal.

Namun masalahnya, terkadang sulit menemukan media iklan yang efektif sekaligus murah. Sehingga butuh perhitungan yang matang untuk memilih media sosial mana yang akan digunakan untuk mengiklankan produk kamu.

Memanfaatkan media sosial untuk pemasaran tidak sekadar menggunakannya saja. Anda juga harus bisa mengoptimalkannya. Bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk pemasaran yang tepat?

Setidaknya ada tujuh langkah sederhana yang harus Anda ketahui dalam melakukan promosi atau pemasaran melalui media sosial supaya hasilnya lebih maksimal.

1. Tingkatkan Profil Media Sosial

Salah satu cara mengoptimalkan media sosial sebagai alat pemasaran ialah mengoptimalkan profil sosial media Anda. Profil merupakan hal yang paling penting karena profil adalah tampilan awal yang akan terlihat ketika kita membuka media sosial seseorang atau sebuah online shop. Profil pada media sosial harus berisi informasi yang jelas dan padat, seperti kontak, jenis usaha dan sebagainya.

Selain itu, dalam membangun sebuah produk atau jasa yang merasuk ke dalam kesadaran banyak orang, maka image yang ditampilkan sangatlah penting. Memang, tampilan ini mungkin hanya dilihat sebentar saja. Namun dalam strategi pemasaran yang efektif, tampilan yang baik harus mampu membuat orang teringat akan produk Anda walau hanya melihat sebentar.

Oleh karenanya, tingkatkan tampilan media sosial Anda agar terlihat eye catching. Bila perlu, Anda bisa menyewa jasa seorang profesional di bidang desain untuk membantu merancang logo atau konten lainnya.

2. Membuat Konten Media Sosial untuk Pemasaran yang Menarik

Konten adalah salah satu hal penting yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya suatu kegiatan pemasaran. Terlebih, saat ini setiap orang dituntut harus lebih kreatif untuk memenuhi kebutuhan industri. Anda dapat membuat postingan media sosial Anda semenarik mungkin dan dapat juga mengangkat tema-tema yang personal atau isu-isu yang sedang up-to-date.

3. Gunakan Video

Cara berikutnya adalah menciptakan konten video. Sejak adanya Youtube, konten video semakin digemari oleh masyarakat. Itu karena konten video lebih menyenangkan dan mudah dimengerti. Sudah banyak perusahaan B2B atau B2C yang memanfaatkan konten video untuk menjaring pelanggan.

Bila Anda ingin menjadikan video sebagai strategi pemasaran konten, maka Anda juga dapat memanfaatkan Facebook dan Instagram. Kedua platform ini memiliki potensi untuk membuat konten video Anda mendapatkan keterlibatan maksimum dari pengikut.

4. Gunakan CTA atau Call to Action 

Sama halnya dengan konten pada situs atau blog, CTA juga penting untuk diterapkan pada konten media sosial. Dengan menggunakan CTA, Anda secara tidak langsung memberitahu kepada pengguna apa yang perlu mereka lakukan selanjutnya setelah melihat konten media sosial Anda.

Jika Anda ingin mereka mengunjungi situs Anda, maka Anda bisa menggunakan kalimat seperti, ‘klik di sini untuk informasi lebih lanjut’. Bahkan, Call to Action ini bisa berupa kalimat tanya yang juga dapat mengundang engagement.

5. Gunakan Hashtag Media Sosial untuk Pemasaran yang Tepat

Jangan sepelekan hashtagHastag yang tepat dapat membantu pemasaran produk atau jasa Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah ‘menggaet’ audiens baru di luar pengikut Anda. Jadi, pastikan Anda menggunakan hashtag yang tepat dan tidak berlebihan, ya! Menurut aplikasi Buffer, penggunaan dua hashtag masih lebih baik dibandingkan dengan mereka yang menggunakan lebih dari tiga hashtag. Sejumlah tools bisa Anda gunakan untuk menentukan hashtag yang tepat.

6. Jangan Takut Memasang Ads 

Kunci lain dari pemasaran yang efektif yakni memanfaatkan iklan berbayar. Kunci dari pemasaran yang efektif terletak pada keaktifan Anda dalam menggaet minat calon pelanggan akan produk atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, jangan pernah berpikir bahwa pemasaran organik saja dapat dengan cepat membangun bisnis Anda. So, manfaatkanlah iklan berbayar.

Pasanglah iklan di banyak tempat atau situs strategis lain yang kemungkinan besar akan dikunjungi pelanggan potensial Anda. Anggaplah ini sebagai suatu investasi bisnis yang nantinya akan berbuah manis. Tidak ada salahnya mencoba iklan berbayar untuk mempercepat tercapainya tujuan Anda dalam membangun bisnis yang besar dan sukses. Membuat iklan media sosial yang efektif bukanlah perihal yang mudah. Iklan yang efektif adalah iklan media sosial yang sederhana, tidak memakan biaya yang tinggi, dan tepat sasaran.

Langkah awal sebelum Anda memutuskan memasang iklan berbayar adalah mengetahui siapa saja target konsumen Anda. Ini adalah langkah penting dalam strategi pemasaran, baik online atau offline. Dengan mengetahui target konsumen, maka iklan media sosial dapat dilakukan secara efektif dan manfaat iklan media sosial dapat langsung dirasakan.

7. Evaluasi Konten Media Sosial untuk Pemasaran

Anda juga perlu menganalisis traffic dari konten yang Anda sebar ke publik. Lakukanlah identifikasi traffic dari konten yang Anda unggah ke publik. Beberapa aplikasi bisa Anda gunakan untuk melakukan penilaian tersebut. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa memperkirakan jumlah aktivitas serta target traffic yang ingin Anda raih melalui sebuah konten. Bahkan, sebelum konten-konten tersebut dirilis, jangan lupa pastikan kualitas konten yang akan Anda rilis agar bisa menjangkau traffic setinggi mungkin.

Itulah beberapa cara mengoptimalkan media sosial untuk pemasaran yang perlu Anda ketahui. Selain memerhatikan beberapa hal di atas, cobalah untuk berusaha memahami perilaku pengguna dan apa yang mereka yang sukai. Hal ini akan membantu Anda dalam menyajikan konten media sosial yang diminati.

 

Contact Us

Instagram : @dmccomm_id

Website     : dmc-indonesia.com