Catat, Ini Cara Membangun Engagement Melalui Media Sosial

Membangun engagement tidak lah mudah. Dalam bisnis, saat ini memang penting untuk memiliki media sosial. Tapi, media sosial bukan hanya etalase yang mempromosikan produk atau jasa. Media sosial juga sebaiknya dimanfaatkan untuk membangun ikatan sosial dan emosional dengan pelanggan atau khalayak yang lebih luas. Istilah kerennya, pelaku bisnis, organisasi, atau perusahaan sebaiknya memanfaatkan media sosial untuk membangun engagement dengan para pelanggannya.

 

Media sosial mampu menjangkau calon pelanggan dan pelanggan. Calon pelanggan dan pelanggan dapat menilai seberapa besar atau sejauh mana perhatian organisasi atau pelaku usaha terhadap mereka. Perhatian ini bisa dilihat dari bagaima interaksi antara organisasi dan calon pelanggan atau pelanggannya. Dari interaksi tersebut, perlahan bisa tercipta engagementLantas, bagaimana membangun engagement dengan calon pelanggan dan pelanggan melalui media sosial? Berikut beberapa caranya yang bisa Anda coba.

Promosikan 

Promosikanlah akun media sosial pada berbagai channel komunikasi. Pada website, misalnya, pastikan tempat navigasi menuju media sosial mudah ditemukan agar calon pelanggan dan pelanggan dapat segera mengaksesnya.

Membangun Engagement dengan Bergabung dalam Diskusi

Komentar, baik positif atau negatif, dari calon pelanggan dan pelanngan sebaiknya direspon sesegera mungkin. Keterlibatan dalam percakapan membuktikan perhatian kepada calon pelanggan dan pelanggan.

 

Buat Tagar

Jangan lupa untuk membuat tagar (#) khusus yang dapat digunakan oleh pelanggan. Lalu, anjurkan kepada para pelanggan untuk memasukkan tagar khusus pada postingan pelanggan dengan menyebutkan username media sosial Anda.

 

Membangun Engagement dengan Menyajikan Konten yang Menarik

Konten yang menarik bisa berupa artikel, desain grafis, foto, video dan sebagainya. Konten menarik ini juga perlu disesuaikan dengan target konsumen organisasi atau pelaku usaha. 

 

Demikianlah cara yang dapat dilakukan untuk membangun engagement di media sosial. Anda bisa menerapkannya di berbagai channel media sosial yang Anda miliki. Tapi yang perlu diingat adalah ketika Anda berinteraksi dengan audiens di media sosial hindari komentar yang menyinggung suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA). Hal ini dapat memicu terjadinya konflik dengan audiens dan mempengaruhi keberlangsungan bisnis perusahaan Anda.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com