Catat! Ini Tips Memilih Konsultan Media

Memilih konsultan media adalah cara yang tepat. Mengapa demikian? Karena Menjalankan inti bisnis bagi sebuah perusahaan atau organisasi bukan perkara mudah. Terkadang, fokus perusahaan teralihkan untuk mengurus hal-hal di luar inti bisnisnya, seperti mempublikasikan berbagai informasi kegiatan perusahaan. Agar tetap fokus menjalankan inti bisnisnya, perusahaan dapat menggunakan konsultan media.

Kini, cukup banyak penyedia jasa konsultasi media. Masing-masing konsultan media memiliki spesialisasi dan keunggulannya. Oleh sebab itu, perusahaan tidak boleh sembarang memilih konsultan media. Hal ini penting karena salah memilih konsultan berarti membuang waktu, tenaga, uang, dan sekaligus peluang untuk berkembang.

Nah, berikut adalah beberapa tips memilih konsultan media bagi sebuah perusahaan.  

Identifikasi Diri 

Cakupan konsultan media cukup luas, mulai dari media konvensional dan digital serta turunannya. Sebuah konsultan media ada yang meliliki spesialisasinya tersendiri, misalnya berfokus pada media sosial, menjalin hubungan dengan awak media massa hingga memasang iklan di media cetak. Ada pula konsultan media yang menawarkan kemampuan beragam, seperti caption media sosial dan menggelar press conference. Maka, penting untuk mengetahui bagaimana sebuah konsultan media mengidentifikasi dirinya.

Rekam Jejak dalam Memilih Konsultan Media

Langkah berikutnya adalah mencari tahu rekam jejak (track record) konsultan media tersebut. Rekam jejak ini bisa ditelusuri dari portofolio, penghargaan, dan testimoni perusahaan atau kenalan Anda. 

Pemahaman terhadap Perusahaan

Setelah mengetahui rekam jejak sebuah konsultan media, maka ajaklah untuk bertemu secara online atau offline. Dari pertemuan tersebut, Anda bisa mengetahui seberapa jauh konsultan media tersebut memahami perusahaan Anda. Hal ini penting karena konsultan yang akan bersinergi dengan perusahaan Anda tentunya harus paham dengan cara kerja bisnis Anda. 

Layanan yang Bisa Diberikan

Setelah Anda menyampaikan kebutuhan perusahaan Anda, maka cari tahu layanan apa saja yang bisa diberikan oleh konsultan media tersebut. Bila Anda memiliki key performance indicators (KPI) terhadap kebutuhan Anda, maka pastikan kesanggupan konsultan media itu untuk memenuhinya.

Sesuaikan Budget dalam Memilih Konsultan Media

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah menyesuaikan dengan anggaran perusahaan. Anda bisa membandingkan lebih dari satu konsultan media untuk membantu pengambilan keputusan terkait bujet Anda.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com