Mencegah Terjadinya Krisis Komunikasi

Tidak ada yang bisa memastikan kapan terjadinya krisis komunikasi dalam perusahaan atau organisasi. Oleh sebab itu, penting untuk mencegahnya sebelum terjadi. Pencegahan akan mampu menghindarkan perusahaan dari kemungkinan lebih buruk. Bagaimana mencegah terjadinya krisis komunikasi dalam perusahaan atau organisasi? Beberapa langkah berikut ini bisa Anda coba.

 

Mengidentifikasi Pemangku Kepentingan

Siapa pemangku kepentingan internal dan eksternal yang penting bagi organisasi Anda? Identifikasi pemangku kepentingan akan mempengaruhi bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan mereka. Jangan kesampingkan karyawan sebagai pemangku kepentingan karena setiap karyawan adalah perwakilan PR dan manajer krisis untuk organisasi.

 

Mencegah Krisis Komunikasi dengan Membentuk Tim Krisis Komunikasi 

Tim krisis komunikasi masih jarang dipikirkan keberadaannya dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Padahal, keberadaannya sangat krusial untuk mencegah terjadinya krisis komunikasi. Tim komunikasi tidak harus berisikan orang-orang yang berlatar belakang komunikasi. Tim ini bisa terdiri dari orang-orang lintas disiplin ilmu atau latar belakang lainnya. Hal ini karena krisis komunikasi bisa saja berfokus pada suatu isu dalam aspek spesifik dalam kegiatan perusahaan. Idealnya, CEO perusahaan memimpin tim ini, dengan pejabat eksekutif hubungan masyarakat dan penasihat hukum yang juga berada di dalamnya. Bila perlu, perusahaan dapat menggunakan jasa konsultan atau sejenisnya yang memiliki spesialisasi dalam krisis komunikasi.

 

Melatih Spoke Person untuk Mencegah Krisis Komunikasi

Langkah selanjutnya adalah menentukan spoke person atau juru bicara. Tak sekadar menentukan, perusahaan juga perlu memberi semacam pelatihan agar spoke person tersebut siap tampil di hadapan publik kala krisis komunikasi terjadi. Sebaiknya, perusahaan melatih lebih dari seorang calon spoke person. Hal ini perlu bila spoke person utama berhalangan tampil di hadapan publik saat krisi muncul. Satu hal yang jelas, spoke person diutamakan berasal dari internal perusahaan itu sendiri. 

 

Membuat Saluran Komunikasi Darurat

Ingat ketika satu-satunya cara untuk menghubungi seseorang dengan cepat adalah dengan nomor telepon, WhatsApp, atau alamat email yang terpusat. Artinya, hindari beragam nomor atau alamat email tujuan bervariasi. Program Instant Messenger kini juga sangat popular. Target audiens bahkan dapat mengirim pesan audio dan video melalui platform tersebut. Dan, tentu saja ada media sosial. Media sosial bisa menjadi cara terbaik atau tercepat untuk menjangkau beberapa pemangku kepentingan. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com