Bagaimana Menyusun Laporan Berkelanjutan? Ini Langkah-langkahnya!

Menyusun laporan keberlanjutan (sustainability report) perlu dilakukan secara sistematis. Oleh sebab itu, ada langkah-langkah tertentu untuk menyusunnya. Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan? Langkah-langkah dalam menyusun laporan keberlanjutan bisa mengadopsi pada kerangka pelaporan keberlanjutan Global Reporting Initiative (GRI). Berikut adalah beberapa langkah penyusunan laporan keberlanjutan:

 

Pilihlah Tema dalam Menyusun Laporan Keberlanjutan

Langkah pertama adalah menentukan tema laporan keberlanjutan. Tema yang dipilih akan menentukan keseluruhan isi laporan keberlanjutan. Selain itu, adanya tema dapat membatasi isi laporan keberlanjutan agar tetap fokus meski juga komprehensif. 

 

Tentukan Judul dalam Menyusun Laporan Keberlanjutan

Langkah selanjutnya adalah menentukan judul. Judul adalah perincian atau penjabaran singkat dari tema. Judul biasanya bersifat sebagai identitas atau gambaran dari keseluruhan laporan keberlanjutan. Sebagian perusahaan memilih untuk menentukan judul di akhir penyusunan laporan keberlanjutan. Hal ini bisa saja dilakukan mengingat sebagian penyusun laporan keberlanjutan lebih memilih menentukan judul di akhir penyusunan setelah memahami keseluruhan isi lapoarn keberlanjutan.  

 

Siapkan Data 

Siapkan data yang menunjang tema laporan keberlanjutan. Data tersebut digunakan untuk menunjang penjelasan tiap komponen yang disampaikan dalam laporan keberlanjutan.

 

Visualisasikan

Sebagian data mungkin saja berupa deretan numerik yang tidak mudah dicerna. Untuk mencegahnya, maka data numerik dapat diolah menjadi sajian visual yang lebih menarik, misalnya dalam bentuk infografis. Selain dapat lebih mudah dipahami, penyajian data seperti itu dapat lebih menarik.

 

Langkah-langkah penyusunan laporan keberlanjutan penting karena laporan keberlanjutan bukan sekadar penyajian data atau informasi lainnya dari sebuah perusahaan atau organisasi. Laporan keberlanjutan dapat juga berguna sebagai aset bagi perusahaan atau organisasi itu sendiri. Tak hanya itu, laporan keberlanjutan juga bisa menjadi wujud konkret eksistensi kiprah perusahaan. Maka dari itu, perlunya menyusun laporan keberlanjutan dengan baik dan benar supaya bisa mengakomodir tujuan-tujuan perusahaan melalui laporan keberlanjutan. Anda bisa berdiskusi dengan kami untuk membuat laporan keberlanjutan yang sesuai dengan harapan. Hubungi kami sekarang dengan mengakses website www.dmc-indonesia.com. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com