Pentingnya Monitoring Media Sosial Bagi Perkembangan Bisnis

Media sosial memiliki banyak manfaat untuk membangun bisnis Anda. Anda berpotensi mencapai konversi pada konten-konten media sosial yang Anda posting. Agar mengetahui efektivitas konten-konten media sosial yang Anda posting, maka mau tak mau kita harus melakukan monitoring media sosial.

 

Terus Berkembang

Inilah yang lebih dikenal dengan istilah monitoring media sosial yang termasuk dalam social media management. Monitoring media sosial perlu dilakukan mengingat perkembangan media sosial itu sendiri.

Media sosial tak lagi sekadar sebuah media berbasis internet yang berfungsi sebagai penghubung antar pengguna tanpa terbatas tempat dan waktu. Semakin berjalannya waktu, kehadirannya semakin pesat dan beragam jenisnya. Kini, penggunaan media sosial memungkinkan para pengguna untuk berkomunikasi, berbagi sesuatu, berdiskusi, dan menciptakan konten baik berupa tulisan, foto dan video.

Tambah lagi, media sosial bukan hanya sebagai media komunikasi sosial di internet, melainkan sudah menjadi sebuah gaya hidup. Hampir setiap harinya, orang-orang mengakses media sosial untuk mengungkapkan sesuatu, membicarakan sesuatu, dan membagi apapun kepada siapapun. Media ini juga memungkinkan digunakan sebagai media untuk membicarakan tokoh, organisasi dan merek, baik itu positif maupun negatif.

Semakin banyak orang-orang membicarakan sesuatu topik, maka semakin besar tingkat opini mereka terhadap topik tersebut, bahkan memungkinkan untuk menjadi viral dan akhirnya menjadi topik hangat di dunia maya. Efek besarnya adalah topik tersebut akan berdampak terhadap kehidupan sosial di dunia nyata dan akan berdampak besar terhadap tokoh, organisasi ataupun merek dari isu hangat tersebut.

Media sosial menghasilkan jumlah data yang tidak sedikit tentang pelanggan Anda. Tiap hari ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 miliar like di Facebook, dan 95 juta foto serta video di-upload di Instagram. Di balik angka besar ini adalah kekayaan informasi tentang pelanggan Anda; profil, interest, dan testimoni mereka tentang brand Anda.

Melalui pendekatan yang aktif dan mendengarkan apa yang terjadi di media sosial, Anda bisa mengumpulkan data pelanggan yang relevan dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas. Misalnya, dengan mengumpulkan informasi dari semua jaringan sosial saat real time.

Makna Monitoring Media Sosial

Dengan begitu banyaknya data media sosial yang bisa diolah, maka perlu monitoring media sosial. Monitoring media sosial, secara harfiah, mempunyai arti memonitor media sosial. Jika diartikan secara konsep, artinya adalah kegiatan memonitor semua hal yang ada di media sosial, dengan satuan ukur berdasar keyword, hashtag, comment, dan jumlah objek lainnya yang ditentukan, yang dapat memberikan hasil analisa tertentu. Keyword, hashtag, comment, dan objek-objek tersebut tak lain adalah hasil dari pemikiran audience, atau dalam hal ini, seluruh masyarakat yang menggunakan media sosial.

Masyarakat yang menggunakan media sosial inilah berpotensi menjadi siapapun yang Anda mau, apakah calon konsumen yang membicarakan brand Anda, konsumen yang membicarakan brand Anda, atau sesederhana membicarakan isu-isu penting yang pemerintah harus ketahui.

Istilah media monitoring sendiri sebenarnya sudah hadir sejak belasan tahun lalu dengan bentuk yang lebih luas. Di kala media sosial belum se-booming sekarang, media monitoring biasa dilakukan pada media-media cetak hingga teknologi, dari berita di koran hingga radio. Namun, melihat perkembangan media sosial yang semakin melejit, para praktisinya menyadari bahwa informasi dan data yang bisa didapatkan dari media sosial nilainya berpuluh kali lipat daripada media lain. Kecepatan penyebaran isu, informasi, dan tren di media sosial, membuat monitoring lama-lama mengerucut sehingga pada akhirnya muncul istilah monitoring media sosial. Tren ini dipakai oleh banyak praktisi dari dunia bisnis maupun pemerintahan. Berbagai industri, dari ritel, manufaktur, agensi, ataupun UMKM, dapat merasakan manfaatnya.

Banyak Tools Monitoring Media Sosial

Alasan untuk monitoring media sosial relatif sederhana, yakni Anda ingin tahu apa yang berhasil atau tidak. Sangat penting untuk memahami media sosial, kampanye, dan konten mana yang produktif dan berdampak pada bisnis Anda dan yang tidak produktif. Dengan informasi ini, Anda dapat menyesuaikan strategi media sosial Anda.

Banyak alat (tools) untuk menganalisis data di jejaring sosial memiliki metrik dasar. Bisa jadi berapa banyak pelanggan baru yang Anda miliki bulan ini, konten apa yang paling menarik, dan berapa banyak orang yang melihat profil Anda. Ini adalah informasi yang berguna.

Facebook, Twitter, Instagram, dan banyak lainnya menawarkan data yang cukup rinci tentang akun Anda. Ini akan memberi Anda pemahaman yang baik tentang bagaimana pelanggan Anda berinteraksi dengan akun Anda. Selain itu, tentu saja konten apa yang paling mereka hargai.

Manfaat Monitoring Media Sosial adalah sebagai berikut

Brand Sentiment

Analisa yang dilakukan adalah dengan memberikan laporan secara komprehensif mengenai gambaran suatu produk di mata konsumen. Jangkauan untuk analisa brand sentiment mencakup media sosial yang dikelola oleh merek dan lainnya.

Competitor Analysis

Selain mampu melihat brand sentiment, monitoring media sosial juga mampu untuk menganalisa pesaing yang bergerak di bidang yang sama dengan yang Anda lakukan.  Hal yang bisa dilihat dari persepsi konsumen mengenai produk pesaing, bintang iklan, hingga melihat event-event offline dan iklan televisi. Selain itu, Anda juga bisa melihat campaign iklan yang mereka buat apakah memiliki respon yang baik atau buruk secara real time. Dalam hal ini, competitor analysis bisa dijadikan ‘senjata’ untuk melakukan marketing intelligence terhadap kompetitor bisnis Anda.

Consumer Insight dan Responses

Lalu, ada pula consumer insight dan responses. Monitoring media sosial juga mampu digunakan untuk memahami konsumen terhadap produk Anda. Seperti melihat apakah mereka suka atau tidak suka dengan produk yang dipasarkan. Bahkan, langkah ini mampu melihat respon terhadap iklan televisi secara real time. Sehingga hal ini sangat penting untuk dilakukan analisa guna mendorong efektivitas iklan terhadap produk yang akan diiklankan.

 

Kesimpulannya, monitoring media sosial sangat berguna untuk memonitor aktivitas pengguna di seluruh dunia terhadap sentimen, opini, dan respons. Dengan begitu, hasil dari analisis tersebut bisa dijadikan patokan untuk menentukan langkah ke depan secara tepat guna.

Contact Us

Website         : dmc-indonesia.com

Instagram     : @dmccomm_id