SEM Belum Efektif, Cobalah Tips Berikut Ini!

Search Engine Marketing (SEM) bila digunakan secara efektif dapat meningkatkan penjualan dan kesadaran merek. Namun, seluk-beluk SEM bisa sangat rumit. Tapi, jangan khawatir, sejumlah tips optimalisasi SEM di bawah ini bisa membantu Anda.

 

Pilih Platform Pemasaran Mesin Pencari yang Relevan

Google Adwords dan Bing Ads adalah dua platform pemasaran mesin pencari paling populer. Namun, dalam memilih platform pemasaran mesin pencari paling populer, Anda harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang memenuhi syarat, seperti:

  • Berapa kelompok usia audiens target saya?
  • Bagaimana kelompok usia ini biasanya suka menerima informasi?

 

Optimalisasi SEM Mulai dari yang Kecil

Memulai dengan beberapa kampanye mungkin penting untuk kesuksesan Anda di awal. Terkadang, ketika mencoba menjalankan terlalu banyak kampanye pada saat yang bersamaan, Anda bisa kewalahan untuk mengelola dan mengawasinya. Jadi, disarankan untuk memulai dari yang kecil atau sedikit akan membantu Anda untuk mengoptimalkan SEM.

 

Temukan Keyword ‘Permata’

Kata kunci (keyword) ‘permata’ pada dasarnya adalah kata kunci yang sudah ditemukan, namun dengan traffic atau peringkat halaman yang rendah. Padahal, kata kunci-kata kunci ini berpotensi mendongkrak strategi SEM. Kata kunci ‘permata’ dapat ditemukan di bagian kueri Google Analytics atau melalui tool SEO, seperti Moz. 

 

Optimalisasi SEM dengan Jaga Konsistensi 

Konsistensi di sini adalah mengarahkan pengguna internet kepada halaman yang mereka inginkan. Hindari ambiguitas yang menimbulkan banyak pertanyaan di benak pengguna internet. Jika mencoba menghemat waktu dengan membuat beberapa iklan yang memiliki pesan berbeda masuk ke halaman arahan yang sama, Anda mungkin hanya akan mengurangi tingkat konversi iklan Anda dalam prosesnya atau bahkan membayar untuk klik yang tidak diinginkan.

 

Buatlah Landing Copy dan Design Halaman yang Menarik Perhatian

Landing copy dan desain halaman adalah sesuatu yang memberi kesan pertama kepada audiens. Maka, buatlah semenarik mungkin. Ada banyak landing copy dan desain halaman yang bertebaran saat berselancar. Banyak di antaranya yang sekadar ‘numpang lewat’ karena tidak menarik secara visual. Maka, gaetlah perhatian audiens sesegera mungkin.

 

Ulaslah Setiap Hari

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan dengan pemasaran mesin pencari adalah tidak meninjau kinerja iklan Anda secara konsisten untuk melakukan perbaikan. Setelah Anda mengaktifkan iklan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil maksimal, Anda harus terus meninjau kinerja untuk melakukan penyesuaian seperti, menambahkan kata kunci baru yang ditemukan dari kueri penelusuran aktual, menaikkan, atau menurunkan tawaran.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com