Ini Alasan Storytelling Perlu Diterapkan dalam Laporan Tahunan

Perlu pendekatan storytelling dalam laporan tahunan. Sebagian orang menganggap membaca laporan tahunan (annual report) adalah pekerjaan ‘berat’ ketika baru melihat ketebalannya. Bagaimana bila diteruskan dengan membacanya halaman demi halaman yang berisi banyak data? Begitulah yang ada di benak sebagian orang. Anggapan ini bisa ditepis bila laporan tahunan disusun dengan gaya bercerita (storytelling). Ada beberapa alasan storytelling perlu diterapkan dalam laporan tahunan, seperti berikut ini:  

 

Pendekatan Storytelling Laporan Tahunan untuk Membangun Kepercayaan 

Menampilkan data dalam laporan tahunan belum tentu cukup. Perlu pendekatan storytelling laporan tahunan. Anda harus membangun cerita yang didasarkan pada data. Dengan membangun cerita yang didasarkan pada data, Anda dapat menunjukkan kepada orang-orang pekerjaan yang Anda lakukan, ke mana uang mereka pergi, dan bagaimana hal itu diterjemahkan ke dalam hasil kehidupan nyata. Transparansi ini menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan dalam bisnis yang Anda kelola.

 

Mengungkapkan Orang-Orang di Sekitar Merek Anda

Tidak seorang pun ingin berinteraksi dengan perusahaan yang samar-samar atau tidak ‘berwajah’. Dengan menceritakan kisah tentang manusia nyata yang bekerja di sekeliling merk, publik dapat mengetahui the man behind the gun. Ini tidak mecakup mereka yang berada di top management, melainkan juga yang benar-benar berada di garis terdepan. Pembaca akan dapat memberi penilaian lebih komprehensif mengenai suatu merk bila sudah mengetahui lebih jauh terhadap orang-orang yang berada di sekeliling merk tersebut. Para pembaca akan lebih terhubung secara emosional dengan orang-orang nyata di balik merk Anda. Tak hanya itu, hal ini juga membantu orang-orang di dalam perusahaan Anda merasa lebih dihargai.

 

Pendekatan Storytelling Laporan Tahunan untuk Membuat Cerita Anda Lebih Melekat

Bekerja keras melalui laporan data ‘kering’ yang membosankan bukanlah ide yang menyenangkan. Tetapi, dengan gaya bercerita dan didukung visual yang lebih menarik, Anda dapat membuat konten lebih berdampak dan pada akhirnya lebih mudah diingat. 

 

Membuat Orang Bersemangat Tentang Masa Depan Anda

Layaknya laporan tahunan, laporan berkelanjutan juga didorong untuk dibuat secara berkala tiap tahunnya. Jika, laporan berkelanjutan Anda sudah melekat di benak para pembaca, maka mereka akan lebih bersemangat untuk mengetahui rencana atau apa yang terjadi di masa depan mengenai merk Anda. Hal ini tak hanya berlaku bagi para investor Anda, namun juga seluruh pemangku kepentingan (stakeholder). Melalui laporan berkelanjutan yang menarik, contohnya, Anda dapat meyakinkan publik untuk mendukung Anda di kemudian hari dan sekaligus mengingatkan tim Anda sendiri mengapa pekerjaan mereka berharga.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com