Inilah Pentingnya Desain pada Annual Report

Laporan tahunan berisikan banyak data dengan istilah-istilah teknis tertentu. Sebagian orang belum tentu dapat memahaminya dengan baik. Di sinilah pentingnya desain pada annual report. Desain yang apik pada annual report dapat bermanfaat dalam berbagai aspek, antara lain sebagai berikut.

 

Lebih Mudah Dimengerti

Banyaknya data pada annual report dapat disajikan dalam infografis, tabel, chart dan sebagainya. Hal ini dapat membuat pembaca lebih mudah mengerti informasi yang biasanya disajikan dalam deretan angka-angka. 

 

Pentingnya Desain untuk Mengarahkan Pembaca ke Inti Pesan

Informasi yang disajikan dalam bentuk paragraf demi paragraf akan membuat pembaca untuk membacanya dengan seksama. Belum tentu, seluruh paragraf memuat inti pesan yang disampaikan. Hal ini berbeda dengan desain. Setiap pembaca langsung akan mengetahui inti pesan yang disampaikan dengan lebih cepat. Umumnya, suatu desain memiliki struktur yang dimulai dari judul pembahasan dan berlanjut pada isi.

 

Memahami Kemajuan Perusahaan 

Tak hanya satu periode tahun, penyajian data dalam infografis dan lain-lain juga dapat dilakukan untuk beberapa tahun. Penyajian data berupa laba tahun berjalan dalam tiga atau empat tahun terakhir, misalnya, bisa dianalisa untuk mengetahui kemajuan perusahaan. Hal ini bisa mempengaruhi keputusan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder). Investor, contohnya, bisa membeli atau menjual saham perusahaan tertentu setelah mengetahui data laba tahun berjalan dalam beberapa tahun terakhir.

 

Menyajikan Unsur Estetika

Informasi dan data yang disajikan dalam konsep desain akan terlihat lebih estetis. Dengan kata lain, informasi rumit menjadi lebih enak dipandang. Hal ini akan mengundang perhatian para pembaca untuk membaca laporan tahunan lembar demi lembarnya.

 

Pentingnya Desain Agar Lebih Mudah untuk Dibagikan

Data yang disajikan dalam bentuk infografis secara lebih mudah untuk dibagikan. Maksudnya, data tersebut dapat menempel pada blog atau artikel. Pembaca juga dapat membagikannya melalui jejaring sosial yang sering digunakannya, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

 

Menunjukkan Bisnis 

Stakeholder melakukan investasi dalam bisnis suatu perusahaan atau organisasi. Jadi, laporan tahunan bisa digunakan untuk menunjukkan seluk-beluk perusahaan. Dengan kata lain, laporan tahunan dapat menunjukkan bisnis yang sedang perusahaan jalankan.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com