Pentingnya Laporan Keberlanjutan untuk Manajemen Risiko

Sejumlah kalangan berpendapat bahwa laporan keberlanjutan (sustainability report) dan manajemen risiko adalah ‘dua sisi mata uang yang sama’. Apakah benar demikian? Apakah laporan keberlanjutan memiliki kaitan dengan manajemen risiko atau terpisah sama sekali?

Sebenarnya, manajemen risiko perusahaan dan laporan keberlanjutan adalah fungsi yang terutama berfokus pada identifikasi dan prioritas risiko, dengan mengutamakan pelaporan internal, pengungkapan eksternal, dan transparansi.

Keterkaitan dengan Laporan Keberlanjutan

Laporan keberlanjutan telah menjadi alat penting dalam manajemen risiko. Mengelola risiko memerlukan pengambilan keputusan investasi saat ini untuk pengembangan kapasitas jangka panjang dan strategi adaptif. 

Laporan keberlanjutan yang baik membantu dalam hal itu. Dalam laporan keberlanjutan yang baik, kemampuan perusahaan untuk menganalisa berbagai potensi risiko akan tampak. Kemampuan tersebut dapat mempengaruhi penilaian para pemangku kepentingan.  

Saat ini, sangat penting bagi perusahaan untuk memperhitungkan dampak dunia yang berubah cepat terhadap komunitas lokal dan lingkungan tempat mereka beroperasi. Oleh karena itu, selalu ada tingkat risiko tinggi yang terkait dengan bisnis sehari-hari perusahaan. Patut dicatat, bisnis dapat tumbuh hanya jika masyarakat umumnya puas dengan operasi dan kontribusi perusahaan untuk kesejahteraan mereka.

Pengaruh Manajemen Risiko

Isu-isu keberlanjutan, seperti kesehatan, pendidikan masyarakat, keselamatan karyawan, perlindungan hak asasi manusia, adaptasi terhadap perubahan iklim, dan kinerja tata kelola perusahaan juga menarik perhatian investor. Perubahan iklim, misalnya, adalah salah satu isu yang paling ‘panas’ saat ini yang sangat berdampak pada bisnis secara langsung atau tidak langsung.

Investor pun menyadari bahwa akan ada potensi biaya dan risiko langsung yang terlibat akibat perubahan geografis dan pergeseran teknologi yang didorong oleh perubahan iklim. Ini telah menjadi area perhatian investor yang intens karena keberlanjutan jangka panjang dari bisnis apapun secara langsung terkait dengan kemampuannya menanggung tren lingkungan dan sosial yang berubah dengan cepat.

Laporan keberlanjutan juga membantu perusahaan dalam mengomunikasikan komitmen keberlanjutan mereka secara efektif kepada para pemangku kepentingan. Pada akhirnya, hal ini mengarah pada penguatan ikatan antara keduanya yang menghasilkan kemakmuran dan pertumbuhan bisnis.

Akhirnya, melalui laporan keberlanjutan, perusahaan dapat fokus pada identifikasi dan prioritas risiko, dengan mengutamakan pelaporan internal, pengungkapan eksternal, dan transparansi. Faktanya, organisasi dapat menganggap pelaporan keberlanjutan sebagai yang pertama di antara yang setara dalam hal strategi mitigasi.

 

Contact Us

Instagram dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com