Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Masalah Komunikasi

Masalah dalam roda bisnis adalah keniscayaan. Berita dan peristiwa negatif yang terkait dengan bisnis Anda bisa saja terjadi. Bisnis Anda tidak akan pernah bisa sepenuhnya aman dari potensi tersebut. Dalam menjawab tantangan yang terkait dengan itu, kemampuan komunikasi adalah penting. Nah, ada sejumlah hal yang sebaiknya Anda hindari saat terjadi masalah komunikasi seperti itu.

 

Saat Terjadi Masalah Komunikasi Hindari ‘Menyerang Balik’

Bahkan jika pihak ‘lawan’ telah mengatakan sesuatu yang benar-benar salah tentang perusahaan Anda, bukanlah ide yang baik untuk menanggapi secara negatif atau ‘menyerang balik’. Mengedepankan emosi dalam masalah ini bisa memperunyam masalah. Jadi, lebih baik berpikir secara strategis dan rasional.

 

Hindari Menawarkan ‘Tidak Ada Komentar’ Saat Terjadi Masalah Komunikasi

Tidak memiliki jawaban atas pertanyaan potensial adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan selama masalah komunikasi muncul. ‘Tidak ada komentar’ mengandung frasa yang dapat disalahartikan, misalnya mencoba untuk menutupi atau menghindari suatu masalah. Jika Anda tidak memiliki informasi yang cukup untuk memberikan tanggapan yang solid, katakan demikian, dan yakinkan orang yang meminta bahwa Anda akan mengeluarkan pernyataan ketika Anda memiliki rincian lebih lanjut.

 

Merespons Terlalu Cepat atau Terlalu Lambat

Menangani masalah komunikasi adalah soal waktu. Anda tidak ingin memberikan tanggapan prematur sebelum Anda memiliki semua fakta, Maka, terlalu cepat merespon juga bisa berimplikasi buruk. Jika kemudian Anda harus bertentangan dengan pernyataan sebelumnya, maka dapat lebih merusak reputasi Anda. Menunda waktu respons Anda juga tidak akan membantu Anda. Walaupun Anda terkesan ‘lambat’ merespon, berikanlah penjelasan bahwa Anda memerlukan waktu untuk mengumpulkan fakta akurat tentang suatu isu.

 

Absen Mendokumentasikan Respons Anda

Sejak awal masalah komunikasi, pastikan untuk menyimpan catatan terperinci tentang respon Anda. Semuanya, mulai dari pernyataan awal yang Anda keluarkan hingga daftar karyawan yang bertugas sebagai tim tanggap harus disertakan. Hal ini bisa mencakup berbagai saluran komunikasi yang digunakan. Catatan ini akan memungkinkan Anda untuk menganalisa respon dan mempelajari berbagai kemungkinan ke depannya. Pengalaman adalah sesuatu yang berharga bagi keberlanjutan bisnis.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com