Search Engine Marketing (SEM) Perlu Diterapkan dalam Bisnis

“Pakai Search Engine Marketing (SEM) harus bayar, mending pakai Search Engine Optimization (SEO) saja”, Eitss tunggu dulu, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk menggunakan SEM

 

Apakah Search Engine Marketing (SEM) Itu?

SEM adalah praktik mengiklankan website di hasil pencarian. Hasil pencarian terdiri dari dua bagian, yaitu organik dan iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang disebut sebagai Search Engine Marketing (SEM). Perbedaan SEM dengan SEO terletak pada beberapa aspek, yaitu tampilan di halaman pencarian Google, biaya yang dikeluarkan, dan tools yang digunakan untuk menganalisis. Mengapa perusahaan perlu menggunakan SEM? Simak beberapa alasannya berikut ini:

Tidak Perlu Banyak Biaya untuk Memulai 

SEM memang memerlukan biaya, tapi Anda tidak harus punya budget besar untuk memulainya. Anda bisa menentukan sendiri berapa budget yang akan dikeluarkan untuk SEM. Anda bisa mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan, atau bahkan puluhan juta rupiah.

Bisa  Menentukan Target Audiens pada Search Engine Marketing

Berbeda dengan SEO, Anda bisa menentukan target secara spesifik dengan SEM. Anda bisa menentukan karakteristik siapa saja yang bisa melihat iklan Anda. Dari karakteristik usia, jenis kelamin, ketertarikan, hingga lokasi bisa Anda tentukan dengan SEM.

Berpotensi untuk Meningkatkan Conversion Rate

Search Engine Marketing (SEM) biasa digunakan untuk meningkatkan conversion rate di website. Audiens yang melihat iklan Anda, bisa menjadi database untuk di-follow up lebih lanjut.

Hasil Relatif Lebih Cepat Dibanding SEO 

Apabila Anda baru memulai website atau blog, menggunakan SEM sangat disarankan. Sebab hasil dari SEM cenderung lebih cepat dirasakan dibandingkan SEO. Ini bisa membantu website kamu untuk muncul di hasil pencarian lebih cepat. 

Haruskah Menggunakan SEM?

Harus atau tidaknya menggunakan SEM, tentu Anda sendiri yang bisa menjawabnya. Sebab Anda yang paham kebutuhan website Anda seperti apa. Harapannya, penjelasan di artikel ini dapat membantu Anda menentukan keputusan. Jika ingin menggunakan SEM, kamu bisa memanfaatkan Google Search Ads dan Google Display Network (GDN). 

 

Contact Us

Instagram   : @dmccomm_id

Website       : dmc-indonesia.com