Search Engine Tidak Munculkan Konten Anda? Ini Penyebabnya!

Search engine atau mesin pencari adalah tempat audiens untuk mencari sesuatu berdasarkan keyword. Kenapa orang lain sulit menemukan konten Anda di search engine Google, ini alasannya!

Dalam konteks SEO (Search Engine Optimization) dan internet, konten adalah isi dari sebuah website yang berfungsi untuk menyampaikan informasi kepada pengunjung. Media yang digunakan bermacam-macam antara lain, teks, gambar, audio, atau video. Lalu mengapa konten yang telah Anda buat susah payah masih kurang peminat? Mungkin ini alasannya. 

 

Kualitas Konten Anda Kurang Menarik Menurut Search Engine

Konten yang dibutuhkan oleh pengguna internet adalah konten yang mampu memberikan kepuasan. Kepuasan yang dimaksud disini adalah, bisa memenuhi atau menjawab kebutuhan dan pertanyaan dari pengguna akan sebuah informasi. Itu sebabnya Google selalu berusaha menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang digunakan oleh pengguna.

Dibandingkan aspek lainnya, kualitas sebuah konten website sangatlah penting. Jika kamu memasarkan produk atau jasa, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Diantaranya, apakah alasan bagi pengunjung website untuk berlama-lama membaca artikel dari konten Anda?

Kemudian, apakah Anda menawarkan sesuatu yang berbeda bagi pengunjung, yang tidak akan bisa mereka temukan dimanapun kecuali di website Anda?

Pertanyaan tersebut merupakan contoh dari beberapa hal yang perlu Anda jawab untuk menentukan apakah kamu telah memiliki konten website yang berkualitas.

Anda Tidak Memperhatikan Keyword untuk Search Engine

Faktor penting bagi keberhasilan SEO selain membuat konten yang bagus adalah keyword research (riset kata kunci) yang tepat. Ada berbagai perangkat yang bisa membantu Anda dalam mencari tahu secara spesifik mengenai keyword apa yang bisa digunakan pengunjung untuk bisa menemukan website Anda.

Konten Anda harus dibuat dalam bahasa yang benar dan sesuai dengan target pembaca, yakni bahasa yang mereka gunakan saat melakukan pencarian di search engine.

Keywords Implementation

Jika telah melakukan keyword research, periksa kembali apakah Anda telah menggunakan keyword-keyword tersebut di dalam konten? Apabila Anda telah membuat beberapa konten berkualitas sebelumnya, Anda perlu melakukan editing dan menambahkan keyword yang sudah ditemukan.

Pada dasarnya, jika ingin halaman website Anda dapat ditemukan dengan keyword tertentu, sebaiknya gunakan kata kunci tersebut di dalam artikel.

Tapi perhatikan intensitas penggunaan tiap keyword dalam konten kamu, penggunaan berlebihan juga bisa menyebabkan konten kamu dapat terdeteksi spam dari Google. Agar tidak berlebihan, Anda bisa menambahkan kata di depan maupun di belakang keyword.

Konten Freshness

Search engine menyukai konten yang baru, itulah kenapa pemilik website perlu membuat content yang fresh/segar. Tingkat kesegaran sebuah konten website tidak diukur dari kuantitas, melainkan kualitas.

Google memiliki suatu sistem baru yang disebut QDF (Query Deserves Freshness). Jika Google menemukan pencarian keyword yang mendadak sangat populer dibandingkan biasanya, sistem QDF Google akan dijalankan. Google akan melihat apakah ditemukan fresh content pada topik yang bersangkutan. Jika ditemukan, maka konten baru tersebut akan mendapatkan predikat fresh dan peringkat terbaik di search engine.

Contoh terbaik untuk menggambarkan ini adalah dengan keyword “banjir”. Jika tidak ada kejadian banjir yang berarti di Jakarta maka halaman pencarian hanya menampilkan misalnya Wikipedia dan website referensi lainnya. Tapi jika sedang terjadi banjir besar, maka halaman pencarian akan berubah menampilkan berita, cerita dan informasi terbaru mengenai banjir.

Jika Anda memiliki konten yang tepat pada topik yang tepat di saat QDF dijalankan, maka website Anda akan menempati posisi teratas halaman pencarian selama beberapa hari atau bahkan minggu.

Perlu diingat bahwa setelah momen itu berakhir, halaman Anda akan kembali ke peringkat sebelumnya. Hal ini bukan karena ada yang salah dengan website Anda, tapi efek fresh content kamu terhadap momen yang berlangsung sudah berakhir. Fenomena ini disebut freshness boost, yang bisa dialami oleh website yang menampilkan informasi terbaru, seperti portal berita.

Sebuah website bisa mengambil keuntungan dari freshness boost dengan menciptakan konten selalu mengikuti perkembangan kejadian penting di industri terkait.

 

Contact Us

Instagram    : @dmccomm_id

Website        : dmc-indonesia.com