Seberapa Cepat Website Anda?

Pernahkah Anda mencoba mengakses suatu halaman website yang terasa begitu lama? Atau, hal ini justru Anda alami pada halaman website sendiri? Hati-hati, kecepatan website yang loading-nya lama bisa mempengaruhi bisnis Anda, lho!

Sebenarnya, berapa waktu loading yang ideal pada suatu halaman website? Menurut Google, praktik terbaik adalah tiga detik. Sayangnya, menurut temuan laporan baru-baru ini, sebagian besar situs tidak mendekati itu.

Analisis Kecepatan Website

Dalam analisis terhadap 900.000 halaman iklan seluler yang menjangkau 126 negara, Google menemukan bahwa 70% halaman yang dianalisis membutuhkan waktu hampir tujuh detik untuk menampilkan konten visual. Dari semua industri yang mereka sertakan, tidak ada yang memiliki rata-rata, bahkan mendekati, praktik terbaik yang direkomendasikan, yaitu tiga detik. 

Padahal, 53% kunjungan akhirnya meninggalkan situs yang dibuka di smartphone karena loading-nya lebih lama dari tiga detik. Dengan kata lain, jika situs Anda membutuhkan waktu lebih dari tiga detik untuk loading, Anda kehilangan lebih dari setengah pengunjung Anda, bahkan sebelum mereka tiba di situs Anda. Fakta lainnya, 47% konsumen mengharapkan situs web dimuat dalam dua detik atau kurang. 

Ini berarti bahwa pemilik situs pada umumnya memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat situs mereka tak ditinggalkan oleh pengguna internet.

Dalam satu survei, 79% pelanggan mengatakan mereka tidak akan kembali ke situs dengan kinerja buruk. Dalam survei yang sama, 52% pembeli mengatakan bahwa loading halaman yang cepat penting untuk loyalitas dan 44% mengatakan mereka memberi tahu teman mereka tentang pengalaman situs yang buruk dari aspek kecepatan. Survei ini juga menemukan bahwa penundaan satu detik dapat menurunkan kepuasan pelanggan sekitar 16%.

Konsumen atau pengunjung situs Anda akan membuat penilaian instan tentang Anda dan bisnis Anda melalui kecepatan website milik Anda. Jika situs Anda dimuat dengan cepat, Anda langsung membuat kesan pertama yang kuat. Anda selangkah lebih maju di depan kompetitor. Jika memuat dengan cepat, pengunjung baru Anda langsung senang. Sesederhana itu!

Jangan pernah lupa, kecepatan website penting untuk pengalaman pengguna (user experience) yang baik. Jika kecepatan situs Anda menyedihkan, tingkat konversi Anda cenderung buruk. Bila demikian, siap-siaplah akan berdampak pada bisnis Anda.

 

Contact Us

Instagram dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com