SEO atau SEM, Mana yang Lebih Efektif?

SEO atau SEM adalah dua istilah yang sering dikaitkan dalam digital marketing. Tak heran mengingat keduanya bisa menjadi bagian aktivitas digital marketing. Namun, apakakah keduanya wajib terdapat pada aktivitas digital marketing? Atau, cukup satu untuk menerapkannya? Bila bisa satu saja, mana yang yang lebih efektif?

Sebelumnya, yuk kita ingat kembali pengertian (Search Engine Optimization) SEO dan Search Engine Marketing (SEM). Secara singkat, SEO adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci tertentu melalui cara yang organik–meski Anda bisa saja menyewa penulis SEO atau spesialis lainnya. Sementara itu, SEM adalah strategi agar website Anda mendapat trafik yang tinggi melalui cara berbayar, contohnya iklan Pay Per-Click (PPC) atau Sponsored ads.

Bisnis yang dibuat untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama sangat memerlukan strategi marketing terpercaya. Tingkat kepercayaan ini bisa dilihat dari jumlah kunjungan website atau blog Anda. Jika jumlahnya tinggi, Anda berpotensi menambah conversion rate yang berakhir menjadi valuable customer. Menurut Lyfe Marketing, SEO bisa memberikan return of invesment yang lebih baik karena bisa menyesuaikan beberapa hal agar SEO semakin efektif, seperti meningkatkan kualitas konten, desain, atau menambahkan gambar untuk menarik perhatian. 

Pengaruh SEO dan SEM

 SEO adalah pilihan yang lebih baik untuk jangka panjang. Jadi, jangan terlalu berharap SEO akan menuai hasil dalam sekejap. Sebaliknya, SEM akan memberikan Anda beberapa keuntungan dalam waktu singkat, misalnya menghasilkan brand awareness, brand recognition, atau revenue lebih cepat dibandingkan dengan SEO. Hal ini karena website Anda bisa tampil di halaman pertama mesin pencari dalam hitungan menit (bandingkan dengan SEO yang bisa memerlukan waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan). Namun, dalam jangka waktu yang panjang, penerapan SEM bisa menjadi pertimbangan Anda di kemudian hari, terutama dari sisi cost

Demikianlah peran dan pengaruh SEO/SEM dalam sebuah strategi promosi. Untuk penerapannya, tergantung pada tujuan dan sasaran target market Anda.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com