Ini Bedanya SEO On-Page dengan SEO Off-page

Algoritma Search Engine Optimization (SEO) berubah dari waktu ke waktu. Hal ini membuat strategi SEO senantiasa diperbarui. Kini, secara garis besar, SEO terbagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On-Page dan Off-Page. Apakah perbedaannya? 

SEO On-Page

Singkatnya, SEO On-Page membuat konten Anda terlihat berkualitas sehingga dapat menarik perhatian pengguna internet dan terdeteksi oleh mesin pencari. Ini merupakan strategi SEO yang dilakukan dari dalam website itu sendiri, misalnya memperbaiki halaman website, memperbaiki gambar, meletakkan heading, tags, dan sebagainya. Banyak webmaster atau yang menyusun website memperkuat SEO On-Page karena cukup ampuh untuk menghasilkan website yang menarik perhatian pengguna internet dan terdeteksi oleh mesin pencari.

Secara umum, SEO On-Page terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian artikel dan website.

Artikel

Lazimnya, mesin pencari akan melihat kualitas artikel dari segi isi, tata bahasa hingga jumlah kata. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan artikel dengan kualitas terbaik, hal paling penting yang harus diperhatikan adalah isi artikel. Hindari pula plagiarisme karena terkait hak cipta karya orang lain. Hal lain yang harus diperhatikan adalah penggunaan keyword, heading, dan subjudul. 

Website

SEO On-Page juga terkait dengan HTML, berat website, kecepatan website, dan link yang ada di dalam website tersebut. Artikel Anda, misalnya, sudah menarik. Namun, loading website Anda terlampau lama, contohnya hingga satu menit.  Hal ini dapat mempengaruhi mesin pencari untuk menempatkan website Anda di halaman pertama mesin pencarian.

SEO OFF-Page

Sederhananya, SEO Off-Page adalah hal-hal yang Anda lakukan dari luar untuk bisa meningkatkan skor SEO website. Sama pentingnya dengan SEO On-Page, sayangnya tidak sedikit webmaster mengabaikan SEO Off-Page. Padahal, SEO Off-Page bisa menunjang performa website di kala SEO On-Page belum optimal.

Ada berbagai cara untuk mengoptimalkan SEO Off-Page, contohnya memanfaatkan media sosial. Website akan semakin mudah dikenali oleh mesin pencari ketika mereka masuk dalam referral baru. Link referral lain selain media sosial, yaitu email, forum, review mesin pencari hingga acara offline. Cara lain yang berhubungan dengan SEO Off-Page ialah membuat fan page atau situs lain yang berisi link dari situs utama.

 

Kedua jenis SEO ini harus dioptimalkan secara bersamaan, tidak bisa hanya salah satu.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com