Bagaimana Caranya Menyajikan Storytelling dalam Laporan Tahunan?

Laporan tahunan (annual report) kerap dianggap sebagai sebuah laporan tertulis yang ‘berat’, kaku, dan terkadang sulit dipahami oleh sebagian orang. Anggapan tersebut tak seluruhnya keliru. Pasalnya, laporan tahunan banyak berisi angka dengan tata Bahasa formal. Tapi, laporan tahunan bisa disajikan lebih ‘ringan’ dan dapat dimengerti lebih mudah, yakni melalui storytelling. Lantas, bagaimana caranya menyajikan storytelling dalam laporan tahunan? 

 

Membuat Narasi Storytelling dalam Laporan Tahunan

Pendekatan storytelling dalam laporan tahunan perlu dilakukan agar laporan tahunan yang disajikan bisa lebih mudah dipahami pembaca. Ada banyak informasi berharga untuk dibagikan dalam laporan tahunan. Tetapi, jika tidak disajikan dengan tepat, maka akan sia-sia. Data keuangan, misalnya, akan dipenuhi dengan istilah teknis dan angka yang bisa begitu banyak jumlahnya. Laporan tahunan bisa saja diperlukan oleh orang-orang dengan latar belakang beragam yang belum tentu memahami istilah atau angka-angka yang tertera pada laporan tahunan. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk membuat narasi terkait istilah atau angka-angka pada laporan tahunan. Menyajikan data lebih rinci dan jelas dalam bentuk narasi dapat memudahkan pembaca untuk mengerti kondisi keuangan perusahaan atau data lainnya. 

 

Storytelling dalam Laporan Tahunan dengan Visualisasikan Angka-Angkanya

Visualisasi data menyenangkan secara estetika dan merupakan bentuk komunikasi visual yang efektif. Faktanya, otak kita sudah terprogram untuk komunikasi visual. Jadi, memvisualisasikan data membuat informasi yang disajikan lebih mudah untuk dipahami dan diingat.

 

Desain yang Mempermudah dan Estetis

Visual yang Anda sertakan menceritakan kisah Anda sebanyak kata-kata di halaman. Pilihan ilustrasi, foto, warna, dan font Anda semuanya akan mempengaruhi interpretasi pemirsa terhadap informasi tersebut. Ini adalah kesempatan untuk menjadi sekreatif yang Anda suka. Namun, pastikan desain laporan tahunan Anda mencerminkan identitas visual Anda. Tak kalah penting adalah desain dapat mempermudah pemahaman pembaca terhadap informasi yang disajikan.

 

Tunjukkan Dampak Bisnis

Laporan tahunan adalah kesempatan untuk menyoroti pencapaian bisnis, membangun kepercayaan dalam organisasi, dan menunjukkan kesuksesan Anda kepada pemangku kepentingan. Tetapi untuk benar-benar membuat kesan dan membantu pembaca Anda berinvestasi secara emosional pada merek Anda, Anda perlu menyoroti dampak dari pencapaian ini. Bagaimana bisnis Anda mempengaruhi individu, bisnis, komunitas, atau bahkan dunia?

 

Memanusiakan Pekerjaan 

Orang menginginkan transparansi dari merek. Ini berlaku untuk keuangan Anda, tentu saja. Tetapi, itu juga berarti bahwa orang ingin tahu siapa Anda sebenarnya sebagai sebuah merek. Siapa yang bekerja untuk Anda? Dengan siapa Anda bekerja? Bagaimana Anda berinteraksi dengan dunia? Semakin Anda membiarkan orang di balik tirai untuk melihat hal-hal ini, semakin besar kemungkinan mereka untuk mempercayai Anda.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com