Mau Target Tercapai? Ini Strategi Komunikasi Perusahaan yang Bisa Anda Terapkan

Komunikasi perusahaan dapat menunjang keberhasilan mencapai target atau tujuan bersama. Sayangnya, aspek komunikasi kerap terpinggirkan karena manajemen lebih berfokus pada pencapaian target. Padahal, tanpa strategi komunikasi perusahaan yang efektif, target yang ditetapkan berpotensi tak terealisasi. Nah, berikut adalah beberapa strategi komunikasi perusahaan guna menunjang tercapainya target bersama.

 

Memastikan Pemahaman Tujuan Utama Perusahaan

Tujuan perusahaan merupakan penentu arah segenap komponen organisasi untuk mencapai kesuksesan. Guna mewujudkannya, perlu keterlibatan sumber daya perusahaan secara efektif pada tiap tingkatan manajemen. Jika semua karyawan sampai tingkat yang paling bawah memahami dengan jelas apa yang ingin dicapai perusahaan, maka lebih kecil kemungkinan akan terjadi kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan maupun eksekusi segala kegiatan perusahaan. 

 

Strategi Komunikasi dengan Menyediakan Sarana Komunikasi Timbal Balik

Wawasan terkait perusahaan tidak berhenti pada manajemen tingkat tinggi. Seringkali, kKaryawan level menengah dan bawah berada di garis depan bisnis Anda dan merupakan tulang punggung dan kekuatan pendorong bagi organisasi Anda. Memahami bagaimana karyawan Anda sendiri memandang perusahaan dan merek Anda sangat penting. Jadi, sediakan sarana komunikasi yang memungkinkan timbal balik dari seluruh karyawan. Berbagai sarana tersebut, misalnya survei, in-depth interview, atau sekadar obrolan santai lintas jabatan. 

 

Strategi Komunikasi dengan Menjalin Komunikasi dengan Pemangku Kepentingan

Saran, kritik, atau masukan tidak hanya bisa datang dari kalangan internal. Pesan-pesan komunikasi dari para pemangku kepentingan (stakeholder) lain juga tak kalah penting. Bila mereka mengomunikasikan sesuatu yang dapat menghambat pencapaian tujuan perusahaan, Anda perlu menyesuaikan strategi komunikasi untuk mengatasi dan memperbaiki persepsi itu secepat mungkin. Para pemangku kepentingan di sini termasuk pemegang saham, Pemerintah hingga pemasok atau vendor Anda.

 

Menganalisa Pengalaman Konsumen

Tak kalah penting adalah pengalaman konsumen yang menikmati produk atau jasa perusahaan Anda. Persepsi mereka tentang bagaimana organisasi Anda memenuhi apa yang ditawarkan tidak boleh diabaikan. Terlebih bila sesuatu yang ditawarkan itu sudah menjadi janji. Pengalaman konsumen seringkali adalah penilaian yang paling objektif, relatif bebas dari kepentingan apapun. Kumpulkanlah berbagai testimoni konsumen dengan memanfaatkan metode atau platform beragam yang kini makin mudah ditemukan secara online. Dari data yang terkumpul tersebut, kemudian Anda bisa menganalisanya untuk membantu Anda mengambil keputusan di masa yang akan datang.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com