Perlukah Strategi Perusahaan Diungkapkan dalam Laporan Tahunan?

Strategi bisnis dapat menuntun manajemen perusahaan dalam penentuan keputusan. Bak peta jalan, hal ini dapat mengarahkan perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu. Tapi, perlukah strategi perusahaan dimasukkan dalam laporan tahunan?

Teori Strategi

Sebelum pada jawaban atas pertanyaan tersebut, ada baiknya kita telaah maknanya terlebih dahulu. Menurut David (2011:18-19), strategi adalah sarana bersama dengan tujuan jangka panjang yang hendak dicapai, bisa mencakup ekspansi georafis, diversifikasi, akusisi, pengembangan produk, penetrasi pasar, pengetatan, divestasi, likuidasi, dan usaha patungan atau joint venture

Menurut Pearce II dan Robinson (2008:2), strategi adalah rencana berskala besar, dengan orientasi masa depan, guna berinteraksi dengan kondisi persaingan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sementara itu, dalam “What is Strategy?” (Harvard Business Review, 1996), Michael E. Porter, akademisi di Harvard Business School, mendefinisikan sebagai sesuatu yang cukup umum, yaitu “penciptaan posisi yang unik dan bernilai, yang melibatkan berbagai aktivitas”.  Intinya, strategi bisnis merupakan kombinasi dari semua keputusan yang diambil dari tindakan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan dan mengamankan posisi kompetitif di pasar. Kesalahan apapun dalam peta jalan ini dapat menyebabkan perusahaan ‘tersesat’ di tengah ‘hutan rimba’ kompetisi bisnis.

Implementasi Strategi Perusahaan

Kembali ke pertanyaan di atas, strategi juga perlu dimasukkan dalam laporan tahunan. Penyampaian ini penting agar stakeholder mengetahui kebijakan atau upaya-upaya apa saja yang dijalankan oleh perusahaan dalam menjawab berbagai tantangan yang ada. Tak sekadar mengetahui, paparannya pun dapat berkontribusi terhadap berbagai keputusan stakeholder ke depannya, misalnya menjual atau membeli lebih banyak lagi saham perusahaan tersebut. Belum lagi, pengungkapan strategi perusahaan merupakan wujud transparansi kepada publik secara luas. 

Dengan mencantumkan hal tersebut, stakeholders akan melihat kinerja serta upaya yang dilakukan ketika menghadapi suatu kondisi tertentu. Hal ini tentunya berperan penting terhadap keberlanjutan perusahaan. Annual Report Anda akan menjadi daya tarik bagi stakeholders apabila Anda mampu mengolah kata yang tepat dalam memaparkannya. Kami siap membantu Anda!

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com