7 Hal yang Buat Strategi Social Media Marketing Efektif

Sekarang, sebagian besar perusahaan telah memahami mengapa social media itu penting. Mereka pun merumuskan berbagai strategi social media marketing. Namun, tidak sedikit pula perusahaan yang gagal mencapai tujuannya di ranah digital tersebut. Bisa dikatakan, social media marketing yang mereka lakukan belum lah efektif. Mengapa hal itu terjadi? Bisa jadi, mereka melupakan tujuh pilar yang membuat social media marketing berjalan efektif. Jadi, apa sajakah ketujuh pilar tersebut?

Mengetahui Target Audience

Memilih platform social media yang tepat adalah suatu keharusan. Selain itu, mengetahui target audience juga tak kalah penting. Cari tahu, audience seperti apa yang memang menjadi target potensial bagi produk atau jasa yang Anda tawarkan. Semakin banyak mengetahui tentang target audiens, semakin baik Anda dapat merencanakan strategi pemasaran media sosial untuk menjangkau mereka.

Strategi Social Media Marketing dengan Menetapkan Tujuan

Apa yang ingin Anda capai melalui upaya pemasaran social media Anda? Apakah Anda hanya ingin meningkatkan awareness untuk bisnis Anda, atau bahkan Anda ingin memanfaatkan social media untuk menjual produk Anda? Penetapan tujuan adalah landasan untuk setiap strategi pemasaran social media yang sukses, sehingga dari cara penyajian kontennya bisa disesuaikan.

Mengidentifikasi Metrik Kunci 

Setelah menentukan tujuan strategi pemasaran social media, selanjutnya Anda perlu mengidentifikasi metrik kunci keberhasilan Anda untuk sebagai barometer efektivitasnya. Tentunya Anda harus memilih metrik yang selaras dengan keseluruhan tujuan pemasaran sosial, misalnya: traffic, sentimen, konversi, dan sebagainya.

Strategi Social Media Marketing dengan Mengaudit ‘Kehadiran’ Social Media

Pastikan Anda selalu memeriksa serta me-review setiap elemen yang akan berdampak pada tujuan akhir Anda. Contohnya, platform mana saja yang memberi Anda ROI tertinggi, serta bagaimana ‘kehadiran’ media sosial Anda dibandingkan dengan pesaing Anda?

Memilih Tools Social Media Management

Memilih tools terbaik untuk social media management tidak hanya akan membuat berbagai tugas lebih mudah, tetapi juga menghemat banyak waktu. Namun, memilih tools yang tepat bisa menjadi tugas yang ‘menakutkan’ karena hampir semua tools manajemen media sosial mengklaim sangat efektif dengan berbagai fiturnya. Cari referensi dari berbagai sumber, manakah tools yang paling sesuai dan tepat untuk diaplikasikan pada social media management Anda.

Strategi Social Media Marketing dengan Membuat dan Melakukan Kurasi Konten

Keberhasilan atau kegagalan strategi pemasaran media sosial Anda akan bermuara pada konten yang Anda buat dan kurasi. Beberapa jenis konten cenderung lebih ditanggapi oleh audience, yakni konten yang menghibur, memecahkan masalah, menanamkan kesadaran, kontes, dan promosi. Coba lakukan beberapa trial, konten mana yang lebih disukai oleh audience Anda.

Lakukan Analisis Agar Hasil Optimal

Menganalisis data untuk mengoptimalkan strategi media sosial sangat penting bagi keberhasilan rencana pemasaran media sosial Anda. Untuk pilar yang satu ini Anda perlu mengukur kinerja strategi kesesuaian dengan metrik kunci yang sudah diuraikan sebelumnya. Hasil analisis tersebut akan menjadi panduan untuk menjangkau audience yang lebih tepat melalui strategi yang efektif. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com