Apa Manfaat Tanggung Jawab Sosial dalam Laporan Tahunan?

Salah satu bagian dalam laporan tahunan adalah tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility/CSR). Pada umumnya, bagian ini sarat dengan aspek-aspek di luar inti bisnis perusahaan. Kalau begitu, untuk apa dimasukkan dalam laporan tahunan?

 

Pada dasarnya, sebuah perusahaan tidak bisa menjalankan seluruh kegiatannya tanpa terhubung atau bersinggungan dengan lingkungan sekitarnya. Dengan adanya hubungan ini, sudah sepantasnya perusahaan memiliki tanggung jawab dan kewajiban terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan kata lain, perusahaan tidak hanya mementingkan keuntungan finansial korporasi, pemegang saham, atau segelintir pihak. Perusahaan juga harus mampu memberikan manfaat dalam lingkup lebih luas, baik dari segi sosial, ekonomi, ataupun lingkungan.

Tanggung jawab sosial merupakan sesuatu yang tak ternilai. Begitu pula dengan etika bisnis yang memiliki kaitan erat dengan tanggung jawab sosial. Keduanya saling melengkapi sehingga menjadi perpaduan yang membuat perusahaan memiliki added value di mata masyarakat luas.

Etika bisnis merupakan kode etik. Setiap perusahaan harus menetapkan dan memiliki kode etik  agar tidak melewati ‘batas-batas’ berbagai norma yang berlaku di masyarakat maupun kaitannya dengan legalitas hukum. Inilah panduan atau tuntunan bagaimana sebuah perusahaan seharusnya menjalankan kegiatan usahanya. 

Panduan ini terwujudkan melalui tanggung jawab sosial kepada masyarakat dan lingkungan. Lingkungan sekitar ini tidak hanya berupa alam, namun juga mencakup konsumen, pemasok, karyawan, kreditur, komunitas hingga khalayak luas.

Perusahaan yang alpa terhadap etika bisnis dan tanggung jawab sosial mungkin tidak akan merasa ‘rugi’ dalam jangka pendek. Tapi, belum tentu untuk jangka panjang. Citra (image) perusahaan yang melekat terbentuk dalam waktu yang tidak cepat. Begitu pun citra yang memudar pada perusahaan. Maksudnya, mengubah citra perusahaan memerlukan proses yang panjang dan sering memakan biaya yang tidak sedikit.

Manfaat Tanggung Jawab Sosial

Tentu, menerapkan etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan dapat memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan antara lain:

  • Memperoleh cakupan pemberitaan yang luas dan cepat
  • Mengurangi biaya akibat tidak terjadinya gesekan, friksi, atau konflik, baik internal maupun eksternal perusahaan
  • Meningkatkan motivasi berbagai pihak yang terlibat untuk menampilkan kinerja terbaik 
  • Memberikan citra positif dan nilai tambah bagi perusahaan

 

Jadi, tanggung jawab sosial sudah sepantasnya menjadi bagian integral perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Oleh sebab itu, tanggung jawab sosial mendapat porsi tersendiri di dalam penyusunan laporan tahunan sebuah perusahaan.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com