Mengapa Tata Kelola Perusahaan yang Baik Perlu Ada dalam Laporan Tahunan?

Dalam beberapa tahun terakhir, pelaksanaan tata kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG) di Indonesia menunjukkan tren positif. Biasanya, penjabaran mengenai GCG ada di bagian belakang laporan tahunan. Hal inilah yang turut mempengaruhi bagian GCG kurang mendapat perhatian sebagaimana mestinya. Sebaiknya, stakeholders sebuah perusahaan tetap membaca dengan seksama bagian GCG dalam laporan tahunan karena mengandung banyak informasi penting.

 

Keberlanjutan sebuah perusahaan sangat lekat dengan perilaku Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam perusahaan itu sendiri. Perusahaan yang menerapkan prinsip GCG tanpa tawar-menawar cenderung berperilaku sesuai dengan regulasi, hukum, etika, dan norma moral. Tak hanya itu, perusahaan yang menjalankan GCG dengan baik berarti mengimplementasikan sistem manajemen yang efektif serta dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas.

Ada lima aspek penting dalam GCG, yakni profesionalitas, tanggung jawab (responsibility), keadilan (fairness), transparansi, dan akuntabilitas (accountability). Kelima aspek ini harus terpenuhi agar konsep GCG dapat berjalan dan diaplikasikan dengan baik. Semakin rinci penjelasan mengenai GCG, maka semakin baik. Para pemangku kepentingan akan semakin percaya bahwa perusahaan dikelola oleh orang-orang yang memiliki komitmen kuat dalam melayani kepentingan mereka.

Dari segi governance, risk management, dan compliance (GRC), GCG berperan sebagai bentuk pengendalian pihak berkepentingan untuk mencapai tujuan perusahaan. Ketika perusahaan sudah menetapkan arahan strategis sesuai dengan harapan stakeholders, perusahaan harus melakukan manajemen risiko (risk management) untuk merespons ketidakpastian yang mungkin terjadi. Setelah itu, perusahaanharus memantau dan memastikan bahwa seluruh kebijakan, pengendalian, dan peraturan yang berlaku tersebut dipatuhi melalui sistem manajemen kepatuhan (compliance).

 

Manfaat Tata Kelola Perusahaan

Dalam jangka panjang, penerapan GCG dapat memberikan manfaat lainnya, yaitu

  • Menciptakan budaya perusahaan yang baik

Dengan penerapan GCG, perusahaan terbiasa menerapkan proses secara konsisten dan transparan. Pengambilan keputusan yang dilakukan dengan baik akan menciptakan kepercayaan dari seluruh elemen perusahaan sehingga seluruh pihak dapat bergerak            bersama mencapai tujuan perusahaan.

  • Menjaga reputasi perusahaan

Perusahaan yang konsisten menerapkan GCG akan dipandang lebih dipercaya oleh investor.

  • Menjaga kelangsungan perusahaan

          Penerapan GCG akan mengurangi adanya risiko hukum, keamanan, dan operasi yang dapat berdampak pada seluruh pihak terkait sehingga kelangsungan perusahaan terjaga.

Jelas, GCG tak hanya membawa pengaruh positif bagi perusahaan, namun juga stakeholders. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya GCG menjadi bagian penting dalam laporan tahunan.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com