Haruskah Laporan Tahunan Memuat Budaya dan Tata Nilai Perusahaan?

Seluruh kegiatan suatu perusahaan umumnya berpedoman pada budaya dan yang diusungnya. Seperti fondasi, budaya dan tata nilai tercermin dalam setiap kegiatan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan juga perlu dicantumkannya dalam laporan tahunan.

Definisi 

Nilai perusahaan (corporate value) adalah nilai-nilai dalam perusahaan yang bisa menjadi acuan, pedoman, dan sekaligus motivasi karyawan guna mencapai tujuan perusahan. Nilai perusahaan dirumuskan oleh top management sebelum perusahaan berdiri. Meski begitu, nilai perusahaan bukanlah kitab suci. Nilai perusahaan bisa berubah seiring perkembangan perusahaan maupun dunia usaha. Yang pasti, nilai perusahaan dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan. Nilai perusahaan adalah pedoman bagi perusahaan dalam menciptakan kepuasan pelanggan atau klien. kumpulan nilai-nilai individu sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut. Nilai-nilai sumber daya manusia terintegrasi menjadi satu, menjadi budaya pada level organisasi. Oleh sebab itu, tata nilai perusahaan sangat strategis terhadap pencapaian tujuan perusahaan. 

Tata nilai yang sudah terintegrasi dan tertanam kuat selama kurun waktu yang relatif lama akan membentuk budaya perusahaan. Jadi, nilai perusahaan juga berhubungan dengan budaya organisasi. Maka, internalisasi budaya perusahaan penting agar setiap sumber daya manusia dapat memahami tujuan perusahaan tersebut. 

Pengaruh Tata Nilai Perusahaan

Berdasarkan data penelitian oleh Deloitte, 94% eksekutif dan 88% karyawan percaya budaya perusahaan sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Survei Deloitte juga menemukan bahwa ada korelasi kuat antara karyawan yang mengaku merasa bahagia dan dihargai di tempat kerja, dengan mereka yang mengatakan perusahaan mereka memiliki budaya yang kuat. Dalam laporan tahunan, pemaparan budaya atau tata nilai juga harus dilakukan. Selain itu, apa saja upaya perusahaan untuk menanamkannya kepada karyawan? Apakah budaya atau tata nilai ini pernah mengalami perubahan? Penjelasan budaya atau tata nilai dalam laporan tahunan dapat memberi gambaran kepada stakeholder acuan yang mendasari setiap aksi korporasi, termasuk para karyawannya. Perusahaan yang memiliki salah satu elemen nilai, yakni Agile, misalnya, menggambarkan bahwa perusahaan tersebut senantiasa siap dan tanggap untuk beradaptasi terhadap berbagai perubahan yang terjadi. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com