Pentingnya Menentukan Tema Dalam Laporan Tahunan

Tema laporan tahunan ini perlu ditentukan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena sebuah laporan tahunan (annual report) bisa memuat banyak data dan informasi berharga. Begitu banyaknya data dan informasi dalam annual report menimbulkan konsekuensi tersendiri, yakni tidak fokus. Hal ini bisa dihindari dengan menentukan tema annual report sebelumnya.

 

Penentuan tema dalam annual report adalah hal penting. Sayangnya, tema sering dianggap hanya sebagai untaian kata-kata indah pemanis annual report. Padahal, tema laporan tahunan bisa menentukan apa dan bagaimana data atau informasi pada halaman-halaman selanjutnya dalam annual report tersaji. Dengan kata lain, tema adalah hal pertama dan paling utama yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan laporan tahunan. Tema sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu ‘thithenai’. Artinya adalah ‘sesuatu yang telah diuraikan’ atau ‘sesuatu yang telah ditempatkan’. Tema adalah ide pikiran atau gagasan pokok dalam membuat sebuah tulisan, apapun tulisan itu.

Bak sebuah rumah, tema merupakan fondasi untuk menentukan tujuan dan arah sebuah karya tulis. Penyusunan annual report tanpa tema laksana buku tanpa arahan isi yang terstruktur sistematis. Isi buku tersebut bisa mengarah ke mana-mana, tanpa tujuan yang jelas. Oleh sebab itu, tema menjadi acuan bagi sistematika isi annual report. Dengan demikian, pembaca menjadi mengetahui konstruksi yang sedang dibangun dalam laporan tahunan. Pada sebuah laporan tahunan, tema terdapat di sampul atau cover depan yang dapat menunjukkan persiapan matang dari sebuah laporan tahunan. Terlebih, annual report merupakan produk komunikasi resmi yang diterbitkan oleh perusahaan.

 

Kesinambungan Tema Laporan Tahunan

Jadi, tema laporan tahunan hendaknya tak ditentukan ‘sambil lewat’. Pada annual report perusahaan diimbau menyertakan informasi terkait tema yang telah dipilih. Belum lagi bila perusahaan tersebut telah memiliki sejumlah laporan tahunan. Maka, perusahaan tersebut juga perlu menjelaskan mengenai kesinambungan antara annual report yang terbaru dengan tema tahun-tahun sebelumnya. Seluruh bagian lainnya dalam annual report akan mendukung atau memiliki kaitan dengan tema yang telah ditentukan. Suatu perusahaan menjadikan tema pertumbuhan dalam annual report, misalnya, maka sedapat mungkin isi, desain layout, dan cover-nya menggambarkan tema pertumbuhan tersebut. Semakin menarik sebuah tema, makin besar pula peluang sebuah tulisan untuk disukai pembacanya. Dengan kata lain, tema merupakan pesan penting yang ingin disampaikan oleh perusahaan kepada stakeholder pembaca annual report. Pesan tersebut harus tergambar secara jelas, baik pada desain cover, layout hingga isi.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com