Tingkatkan Komunikasi Internal Anda dengan Cara Ini

Komunikasi internal penting bagi setiap organisasi. Karyawan harus merasa bahwa mereka dapat dengan mudah berkomunikasi dengan anggota tim mereka serta manajemen level atas, Sayangnya, manajemen suatu organisasi belum dapat mengoptimalkan komunikasi internalnya. Padahal, komunikasi internal bisa menunjang produktivitas karyawan sehingga turut mendorong kinerja organisasi yang unggul. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk tingkatkan komunikasi internal dalam organisasi.

 

Perjelas Misi dan Visi 

Luangkan waktu untuk menjelaskan nilai dan misi perusahaan, baik sebagai bagian dari pelatihan perusahaan atau sebagai pengingat rutin kepada karyawan. Ketika karyawan bersatu dalam pemahaman mereka tentang tujuan perusahaan, mereka akan dapat berkomunikasi satu sama lain secara lebih efektif untuk mencapainya.

 

Tingkatkan Komunikasi Internal dengan Perkuat Koneksi

Komunikasi tidak hanya harus ditingkatkan di antara anggota tim yang bekerja sama, tetapi antara karyawan dan manajer atau pimpinan mereka. Manajer yang meluangkan waktu untuk mengenal karyawan mereka dan bersedia mendengarkan mereka akan merasa lebih mudah untuk berkomunikasi dan menunjang upaya mencapai tujuan bersama. Ketika karyawan merasa bahwa manajer mampu mengatasi masalah individu mereka, mereka cenderung merasa terhubung.

 

Buat Dialog Terbuka untuk Tingkatkan Komunikasi Internal

Karyawan cenderung tertarik mengetahui segala informasi yang terkait dengan tempatnya bekerja. Jadi, usahakan karyawan tetap up-to-date tentang perubahan perusahaan, kemajuan, rencana masa depan, dinamika industri dan sebagainya yang memiliki kaitan dengan organisasi. Informasi aktual ini bisa disampaikan melalui berbagai media komunikasi, misalnya e-buletin bulanan atau pada rapat. Namun, jadikan media komunikasi tersebut bersifat dua arah, bukan satu arah. Maksudnya, ada ruang bagi karyawan untuk terlibat dalam pembahasan suatu isu. Dorong pertanyaan dan komentar dari karyawan. Selain bisa meningkatkan sense of belonging, dialog terbuka juga berpotensi memunculkan ide-ide dari sudut pandang berbeda yang solutif.

 

Rencanakan Acara Informal

Ciptakan kesempatan bagi karyawan untuk ‘bertemu’ di luar jam kantor. Tak harus bertatap muka secara fisik, kegiatan tersebut bisa dilakukan secara online melalui berbagai platform. Tapi, agenda yang dibahas adalah apapun selain urusan kantor. Acara-acara informal juga penting untuk ‘mencairkan’ kekakuan atau meredakan ketegangan setelah menghadapi masalah ‘berat’ di kantor. Tidak jarang, komunikasi internal organisasi lebih mudah ditingkatkan setelah satu individu dengan individu lainnya saling memahami. Acara informal bisa menjadi sarana untuk mewujudkan hal tersebut.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com