Tipe Audiens Media Sosial yang Bisa Membantu Marketing Anda 

Audiens media sosial bukanlah sesuatu yang sifatnya homogen. Mereka heterogen. Sebagian dari mereka bisa membantu kegiatan marketing Anda melalui media sosial. Namun, sebagian lainnya tidak dapat melakukannya. Tidak sedikit perusahaan yang masih ‘mengejar’ jumlah pengikut (follower) pada akun media sosialnya. Tapi, jangan terjebak dengan jumlah follower yang banyak. Jumlah pengikut tidak akan berarti jika mereka tidak relevan dengan audiens yang Anda coba jangkau. Mereka tidak akan menjadi aset bagi strategi sosial Anda. Dengan kata lain, jumlah pengikut belum tentu merupakan tipe audiens yang Anda butuhkan untuk membantu kegiatan marketing. Lantas, tipe audiens media sosial seperti apa saja yang bisa membantu marketing Anda? 

 

Tipe Audiens Influencer

Penelitian menunjukkan bahwa sejumlah kecil influencer aktif menyumbang bagian yang tidak proporsional dari total rekomendasi. Tentu saja, mereka adalah kelompok penting untuk dimasukkan ke dalam strategi sosial Anda. Influencer adalah individu dalam komunitas yang mempengaruhi keputusan pembelian karena posisi, pengetahuan, hubungan, atau otoritas.

 

Tipe Audiens Pendukung Merek 

Pendukung merk atau sering dijuluki loyalis adalah individu yang menyebarkan berita dan pesan positif tentang suatu merk atau produk kepada orang lain di jaringan mereka. Mereka berbeda dari influencer karena loyalis tidak selalu memegang kekuasaan untuk mempengaruhi keputusan pembelian dalam komunitas atau industri mereka. Namun demikian, mereka adalah komponen penting dari pemasaran dari mulut ke mulut. Kadangkala, mereka mengonsumsi suatu produk tidak secara rasional, melainkan emosional. Sebagai contoh, 85% penggemar merk di Facebook merekomendasikan merk kepada orang lain. Lalu, sebanyak 92% konsumen mempercayai rekomendasi dari orang lain, bahkan meski mereka tidak mengenalnya secara pribadi terhadap konten promosi yang datang langsung kepadanya.

 

Pendukung Layanan Pelanggan 

Pendukung pelanggan mirip dengan pendukung merk karena mereka juga merupakan individu yang menyebarkan berita dari mulut ke mulut tentang suatu merk. Perbedaannya, pendukung pelanggan tidak hanya puas dengan suatu produk, tetapi juga dengan layanan pelanggannya. Jadi, tidak hanya penting untuk memiliki produk yang bagus, tetapi Anda juga harus membangun hubungan yang baik dengan pelanggan Anda. Faktanya, pengalaman positif pelanggan memiliki kekuatan magis. Pendukung pelanggan dapat menjadi bisnis rujukan terbaik yang Anda miliki. Maka, pastikan untuk melibatkan mereka. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com