Untuk Apa Laporan Tahunan Dibuat?

Penyusunan laporan tahunan (annual report) dilakukan secara sistemastis dan sesuai kaidah-kaidah yang telah ditentukan. Terlebih bila laporan tahunan tersebut ditujukan untuk mengikuti Annual Report Award (ARA). Terlepas untuk keperluan mengikuti ARA, penyusunan laporan tahunan juga memiliki sejumlah tujuan lainnya. Apa sajakah itu?

 

Tujuan Laporan Tahunan untuk Informasi Keuangan Perusahaan

Salah satu tujuan penyusunan laporan tahunan adalah untuk menyajikan informasi keuangan perusaahaan agar lebih mudah dimengerti oleh khalayak luas. Data keuangan suatu perusahaan bisa sangat banyak dan mengandung istilah-istilah teknis tertentu. Istilah-istilah teknis tersebut belum tentu dipahami oleh khalayak luas. Oleh sebab itu, data keuangan dalam laporan tahunan bisa disajikan secara lebih sederhana, menarik, dan tetap informatif. 

Komunikasi Bisnis

Selain data keuangan, berbagai pencapaian perusahaan juga disajikan dalam laporan tahunan. Penjabaran mengenai upaya yang dilakukan oleh perusahaan sehingga meraih pencapaian tersebut juga perlu disampaikan dalam laporan tahunan. Bagaimana bila perusahaan tidak berhasil mencapai target? Hal-hal yang melatarbelakangi tersebut pun juga perlu dijelaskan dalam laporan tahunan. Selain itu, proyeksi bisnis perusahaan pun tersaji dalam laporan tahunan. Laporan tahunan juga perlu memuat strategi untuk merealisasikan target-target ke depannya. Semua ini berarti laporan tahunan menjadi media komunikasi bisnis kepada khalayak luas. 

 

Tujuan Laporan Tahunan untuk Branding Perusahaan

Selain memberikan berbagai informasi penting, laporan tahunan juga bisa menjadi alat promosi bagi perusahaan. Jelas, promosi dalam konteks ini bukan merupakan hard selling.  Promosi di sini lebih berkaitan dengan branding perusahaan melalui berbagai informasi positif yang disampaikan kepada publik. Informasi positif tersebut bisa berupa paparan mengenai visi, misi, budaya perusahaan hingga kegiatan corporate social responsibility (CSR).

 

Menyebarluaskan Prestasi Perusahaan

Berbagai pencapaian atau prestasi lainnya pun perlu dicantumkan dalam laporan tahunan. Prestasi tersebut tak melulu mengenai angka-angka keuangan, namun lebih luas, misalnya meraih ISO, penghargaan dan sebagainya. Prestasi di sini juga bisa berupa kerja sama dengan merek-merek besar, kemajuan penelitian, penambahan mesin baru, atau perolehan pangsa pasar. Bagian pencapaian membuat para pemangku kepentingan merasa positif terhadap investasi atau partisipasi mereka dalam perusahaan.

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com