Variable Engagement di Media Sosial yang Perlu Anda Ketahui

Istilah customer engagement (keterlibatan konsumen) semakin sering terdengar bila berbicara mengenai media social campaign. Customer engagement memang sangat berkaitan dengan media sosial. Tak hanya berkaitan, engagement juga penting di dalam aktivitas media sosial. Mengapa? Hal ini terkait dengan variable engagement yang perlu Anda ketahui. 

 

Hal ini karena engagement melibatkan secara emosi maupun kognitif. Dalam engagement sendiri, terdapat tiga variabel konsep, yaitu:

  • Variable Engagement Cognitive Attachment

Tahap kognitif konsumen. Variabel ini berhubungan dengan bagaimana cara konsumen menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat, dan berpikir tentang suatu informasi.

  • Variable Engagement Attitudinal Attachment

          Salah satu variabel pengukur customer engagement karena mencakup tahap afeksi positif, yakni terbuka dengan pengalaman-pengalaman baru dan keterlibatan secara sosial maupun interpersonal.

  • Variable Engagement Behavioral Attachment

          Membawa perubahan perilaku dan memotivasi perilaku customer lainnya. 

 

Kunci engagement adalah komunikasi interaksional. Menurut penulis beberapa buku tentang media sosial Jason Falls, hasil komunikasi yang baik adalah jika audiens memberikan perhatian dalam bentuk respon.

Terkait hal itu, ahli statistik internet dan penulis tentang komunikasi digital, Avinash Kaushik, pernah menulis bahwa fitur interaksi media sosial terbagi menjadi tiga kategori, yakni

  • Conversation: Aktivitas percakapan di antara pengguna.
  • Amplification: Melakukan penyebaran atau perluasan pesan.

Applause: Bentuk respon singkat lewat fitur, seperti like, love, emoji, sampai klik.

 

Engagement akan semakin penting bagi organisasi bisnis di era sekarang ini. Jadi, perusahaan atau organisasi bisnis sebaiknya dapat memanfaatkan media sosial yang melibatkan pelanggannya dengan maksimal. Dengan demikian, media sosial perusahaan Anda akan semakin banyak mendapat perhatian dari audiens. Kemudian, “kolam” audiens Anda akan terbentuk secara otomatis dan tentunya akan memudahkan Anda untuk mempromosikan apapun di channel media sosial perusahaan Anda. Bukan hal yang mudah untuk mencapai tujuan perusahaan jika kita sudah mendapatkan banyak perhatian dari audiens. Sudah saatnya Anda mengoptimalkan penggunaan media sosial perusahaan demi keberlangsungan bisnis di perusahaan Anda. Hubungi kami sekarang jika Anda ingin membuat strategi yang tepat untuk mengoptimalkan channel media sosial perusahaan Anda. 

 

Contact Us

Instagram @dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com