Anda Sedang Mencari Jasa Sosial Media Management yang Tepat? Baca Dulu Tips Berikut Ini!

Media sosial sudah dikenal luas sebagai salah satu media terbaik untuk mempromosikan bisnis atau produk yang Anda miliki secara online. Nah, bila Anda khawatir mengelola media sosial dapat menyita waktu, kini tersedia cukup banyak vendor media sosial.

Menentukan vendor media sosial penting karena dapat memberikan Anda berbagai manfaat. Salah satunya adalah menghindari pemborosan anggaran. Tren dan teknik pemasaran digital selalu berubah. Apa yang berhasil untuk kampanye pemasaran tahun lalu mungkin tidak berfungsi hari ini. Apa yang dulunya praktik terbaik sekarang mungkin menjadi taktik yang ingin Anda hindari sedapat mungkin.

Penyedia jasa media sosial yang konsisten mengikuti tren digital terkini dapat mengeksekusi strategi yang tepat sesuai dengan tujuan Anda. Alhasil, Anda pun dapat terhindar dari pemborosan akibat strategi digital yang dijalankan secara tidak efektif. Perlu Anda ketahui bahwa konsultan digital marketing berbeda dengan agensi periklanan ataupun creative agency. Mereka siap untuk memindahkan uang di kantong Anda untuk sekadar memberikan deliverability.

Jadi, menentukan vendor media sosial juga bukan perkara sepele. Keliru memilih, tujuan Anda tak akan tercapai. Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam memilih penyedia jasa media sosial.

Kunjungi Website Vendor Jasa Media Sosial

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi website resmi penyedia jasa tersebut. Tujuannya untuk melakukan tolak ukur bahwa perusahaan jasa yang Anda gunakan benar-benar profesional. Selain menilai tampilan website, Anda juga bisa mengetahui profil singkat, kontak hingga portofolio penyedia jasa media sosial tersebut. Jadi, tak sekadar untuk mengetahui bahwa vendor tersebut eksis atau tidak.

Lihat Layanan Media Sosial yang Ditawarkan

Tidak semua perusahaan digital marketing menawarkan semua layanan pemasaran dalam satu atap. Karena itu, sebelum memilih konsultan, Anda harus pastikan konsultan pilihan Anda menawarkan layanan pemasaran digital yang tepat yang Anda butuhkan. Ingat, digital marketing selalu berubah. Maka, pilihlah konsultan digital marketing yang setidaknya menawarkan layanan yang relevan untuk bisnis Anda. Secara umum, vendor media sosial dapat menawarkan layanan-layanan sebagai berikut:

  • Pembuatan konten (content marketing)
  • Pemasaran dan manajemen media sosial
  • Manajemen periklanan digital
  • E-mail marketing

Cari Tahu Track Record Jasa Media Sosial

Untuk menjauhkan Anda dari berbagai hal buruk nantinya, sebaiknya pilihlah penyedia jasa yang telah mempunyai reputasi yang baik. Untuk dapat mengetahuinya, Anda dapat melihat testimoni atau feedback yang ditulis oleh para klien terhadap penyedia jasa tersebut.

Memahami Bisnis Anda

Sebelum menyewa konsultan pemasaran digital, penting untuk memastikan bahwa mereka memahami strategi pemasaran digital.  Sehebat apapun gelar kehormatan seorang digital marketer, namun jika tidak dapat memahami bisnis Anda dengan baik, maka akan percuma saja. Mungkin Anda akan menemui penyedia jasa pemasaran online yang bertipe “yes man”. Namun, itu dapat dipastikan bukan konsultan digital marketing. Agen periklanan dan agen kreatif akan bertindak sesuai dengan apa yang Anda minta mereka kerjakan. Sedangkan konsultan digital marketing akan bekerja secara independen untuk memberikan saran dan strategi terbaik untuk Anda.

Memahami Pola Perilaku Konsumen Online

Perilaku konsumen online dengan pembeli offline sangat berbeda. Konsumen online akan mencari referensi dan rekomendasi sebelum membeli. Ini sama juga seperti cara memilih konsultan digital marketing, Anda mencari referensi dan rekomendasi juga bukan?

Memahami Strategi Digital Marketing yang Tepat

Dengan pemahaman yang baik terhadap bisnis Anda, konsultan digital marketing dapat secara cepat merumuskan strategi dan taktik yang akan digunakan. Anda akan mendapatkan saran awal dari konsultan digital marketing untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Dalam hal ini, tujuan digital marketing Anda harus jelas dan realistis. Apakah ingin lebih banyak lalu lintas ke situs web perusahaan? Perlu meningkatkan keterlibatan pelanggan? Atau Anda ingin langsung menghasilkan lebih banyak penjualan?

Rutin Memberikan Laporan

Mungkin Anda akan menemui “konsultan” dengan hasil kerja grafis dan sosial media yang terlihat sangat berkualitas. Akan tetapi, ternyata semua itu hanya masuk pada tahap awareness saja. Dengan demikian Anda sebaiknya tidak berharap banyak pada penjualan. Jadi, pilihlah penyedia jasa yang mau memberikan report rutin dari aktivitas media sosial milik kliennya. Dari laporan tersebut, akan terpampang pengukuran terhadap kelebihan maupun kekurangan efektivitas strategi pemasaran melalui media sosial yang telah dilakukan guna perbaikan di masa depan. Metrik pengukuran kinerja media sosial tidak hanya sebatas pada jangkauan, keterlibatan dan jumlah kunjungan ke website saja, tapi harus sampai pada konversi. Dengan kemampuan melacak alur konversi, maka seorang konsultan digital marketing dapat menguatkan upaya dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Realistis

Banyak yang ingin bekerja untuk Anda hanya sekadar untuk mendapatkan pemasukan. Mereka akan bersedia Anda bayar murah walau tidak masuk akal. Namun apa artinya jika dampak atau hasilnya terhadap bisnis Anda sangat minim? Tentu ini artinya telah terjadi pemborosan pada anggaran pemasaran Anda. Anda harus hati-hati terhadap jaminan yang bombastis, seperti jaminan jumlah reach, follower, dan sebagainya. Hal-hal tersebut dapat dipalsukan. Agar Anda tidak kecewa, sebaiknya Anda juga harus realistis. Dalam cara memilih konsultan digital marketing, Anda bisa menguji mereka dengan tawaran yang murah atau mahal sekalipun. Sepanjang itu realistis, maka Anda dapat mengambil keputusan dalam memilih konsultan digital marketing.

 

Contact Us

Instagram : @dmccomm_id

Website : DMC Comm