Yuk, Intip Jadwal Posting Media Sosial yang Ideal!

Jadwal posting media sosial memang perlu diperhatikan. Sah-sah saja bagi orang umum untuk menulis status atau posting di jejaring sosial kapan saja. Namun, bagi orang-orang yang menggunakan media sosial untuk membantu bisnis mereka, waktu perlu mendapat perhatian ekstra. Alih-alih efektif, posting di jam-jam tertentu justru seperti pekerjaan sia-sia belaka.

Sudah banyak pebisnis atau orang-orang yang memanfaatkan jasa layanan media sosial untuk membantu pemasaran produknya. Banyak hal perlu diperhatikan agar meraih sukses ketika berbisnis dengan menggunakan situs jejaring sosial. Salah satunya adalah manajemen waktu.

Dalam dunia  media sosial, timing adalah faktor yang sangat penting. Anda ingin bisa mengirim pesan atau posting sesuatu pada saat banyak orang yang sedang online sehingga bisa melihat konten Anda tersebut. Dengan kata lain, makin banyak orang yang terterpa konten Anda. Semakin banyak orang yang tersedia saat Anda meng-upload sesuatu, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk bisa melibatkan mereka dalam perkembangan bisnis Anda.

Lab42, sebuah perusahaan riset pasar, mendapatkan responden untuk survei mereka melalui media sosial, menyatakan bahwa sekitar 19% orang menggunakan smartphone mereka saat berada di restoran untuk memperbarui status Facebook. Di sisi lain, sekitar 24% mengatakan mereka mengambil foto makanan mereka dan 18% check-in ke restoran menggunakan Foursquare.

Tidak mengherankan bahwa 20% pengguna smartphone membuat rencana makan mereka dengan orang lain melalui telepon dan 19% dari mereka menggunakan perangkat seluler mereka untuk menemukan restoran.

Laporan itu juga mengatakan bahwa orang yang membawa smartphone saat mereka makan di luar melakukannya untuk melihat menu makanan atau minuman di internet dan menemukannya. Laporan tersebut juga mencatat bahwa sekitar 95% dari responden menggunakan smartphone mereka sebelum makan di luar.

Jadi, ada kecenderungan pengguna aktif media sosial posting di jam-jam tertentu, bukan? Penasaran kapan saja waktu yang tepat untuk mengunggah postingan di media sosial? Inilah rincian waktu terbaik untuk mengunggah konten-konten Anda di media sosial.

Jadwal Posting Media Sosial Facebook

Banyak perusahaan yang telah mempelajari tren dan menganalisis waktu terbaik untuk posting produk mereka di Facebook. Meskipun Anda telah menggunakan Facebook Ads, tidak ada salahnya kok tetap menerapkan strategi ini. Dikutip dari Sprout Social, inilah waktu terbaik untuk mem-posting produk bisnismu di Facebook:

  • Weekday (Senin-Jumat) pukul 10.00 – 15.00.
  • Khusus hari Rabu paling tepat pukul 12.00 – 14.00.
  • Sementara untuk hari Kamis lebih tepat pada pukul 13.00 – 14.00.
  • Mem-posting di pagi hari dan malam hari sedikit kurang efektif
  • Hari Sabtu jumlah pengguna aktif Facebook lebih sedikit daripada hari lainnya.
  • Berdasarkan data tersebut, bisa dilihat bahwa rata-rata jumlah pengguna Facebook akan membludak pada siang hari di hari kerja. Karena banyak pengguna khususnya yang pekerja sedang menjalani istirahat makan siang. Selain itu, akhir pekan cenderung kurang efektif untuk promosi karena banyak pengguna yang lebih sibuk di dunia nyata ketimbang memegang ponsel mereka.

Jadwal Posting Media Sosial Twitter

Twitter merupakan platform media sosial yang memiliki jutaan pengguna aktif tiap bulannya. Twitter berpotensi menjadi platform online marketing yang efektif, meskipun Anda bakal terbatas dengan jumlah maksimal 280 karakter per postingan. Rasio klik tertinggi, dikutip dari thesmallbusiness adalah pada hari Senin dan Kamis, tepatnya pukul 13.00 dan 15.00. Anda bisa memanfaatkan waktu ini sebagai jadwal yang ideal untuk memposting produkmu. Sementara itu, untuk waktu yang paling buruk adalah pada akhir pekan, pukul 20.00 ke atas dan hari Jumat pukul 15.00 ke atas.

Jadwal Posting Media Sosial Instagram

Bukan hanya Facebook, Instagram juga menjadi platform menarik bagi para pebisnis online. Strateginya, selain menggunakan Instagram Ads, Anda juga bisa meraih traffic dengan memposting produk di waktu yang tepat. Dikutip dari Expertvoice, ternyata waktu paling efektif, namun bukan terbaik, adalah sekitar pukul 2 dini hari. Kenapa efektif? Jam-jam segitu nggak banyak orang memposting foto di Instagram, namun, ketika pagi datang, produkmu bisa langsung dilihat oleh pengguna. Lantas, jam berapa dan hari apa waktu yang paling efektif dan terbaik untuk mempromosikan produk melalui Instagram?

  • Minggu, pukul 17.00
  • Senin, pukul 19.00 dan 22.00
  • Selasa, pukul 03.00 dan 22.00
  • Rabu, pukul 17.00
  • Kamis, pukul 07.00 dan 23.00
  • Sabtu, pukul 12.00 dan 02.00

Penentuan waktu tersebut bukan didasarkan pada jumlah like, tetapi terkait dengan seberapa banyaknya orang melihat postingan Anda.

Jadwal Posting Media Sosial LinkedIn

Waktu-waktu ideal untuk posting di LinkedIn adalah sebelum dan sesudah jam-jam sibuk atau aktivitas kerja. Disarankan untuk memulai aktivitas di LinkedIn sekitar pukul 7-9 pagi atau 5-6 petang. Puncak traffic di LinkedIn adalah hari Selasa sampai Kamis. Tidak disarankan untuk publishing sesuatu pada jam 10 malam sampai 6 pagi.

Waktu Posting Pinterest

Berbeda dengan beberapa media sosial sebelumnya, para pengguna Pinterest justru lebih aktif ketika sedang akhir pekan (weekend). Mengunggah konten di Pinterest pada hari-hari kerja justru menjadi waktu yang buruk karena biasanya jumlah reach akan menurun drastis. Hari terbaik untuk mengunggah postingan konten di Pinterest adalah pada hari Sabtu dan Minggu pada pukul delapan hingga sebelas malam. Pasalnya, pada waktu ini biasanya orang-orang sedang memiliki banyak waktu luang yang digunakan untuk mencari ide-ide segar.

Waktu Posting Youtube

Sebagian besar orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menonton Youtube pada akhir pekan atau menjelang akhir pekan. Maka, waktu terbaik untuk mengunggah konten di Youtube adalah mulai dari hari Kamis atau Jumat yang merupakan waktu terbaik dan keterlibatan tertinggi di Youtube. Selain hari Kamis dan Jumat, Anda juga bisa mengunggah konten di Youtube pada akhir pekan, seperti Sabtu atau Minggu. Jika Anda melakukannya di akhir pekan, lebih baik Anda memilih jam-jam pagi mulai dari jam sembilan hingga sebelas pagi. Waktu malam juga bisa menjadi opsi menarik mengingat Youtube telah menjadi media hiburan favorit bagi sejumlah orang.

Satu hal lain yang perlu diperhatikan, apabila Anda seorang pebisnis yang memanfaatkan jasa layanan jejaring sosial dapat menganalisa sendiri waktu yang tepat untuk posting berdasarkan waktu dan karakteristik umum pengguna media sosial di tempat Anda. Hal ini karena karakteristik pengguna media sosial di satu wilayah dapat berbeda dengan wilayah lain.

Platform yang Anda pilih juga bisa menentukan tingkat terpaan konten media sosial. Wiselytics menjelaskan, sebuah postingan di Facebook mampu menjangkau 75% engagement potensial dalam lima jam. Sementara itu Twitter mampu mencapai engagement potensial sebanyak 75% dalam waktu kurang dari tiga jam.

Tak kalah penting, dasar utama untuk mengetahui waktu terbaik melakukan posting adalah dengan terlibat langsung dengan sosial media itu sendiri. Dengan demikian, Anda akan teredukasi dengan sendirinya dan bisa menganalisa secara garis besar.

 

Contact Us

Instagram : @dmccomm_id

Website.    : dmc-indonesia.com