Apa Itu ARA?

Apakah Anda pernah mendengar kata ‘ARA’? Bagi yang berkecimpung di dunia saham, kata ‘ARA’ sudah tak asing lagi, yakni kependekan dari ‘Auto Rejection Atas’. Tapi, bukan ‘ARA’ itu yang dimaksud di sini, melainkan Annual Report Award yang juga lazim disingkat ‘ARA’.

Annual Report Award (ARA) merupakan ajang yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam pelaksanaannya, biasanya OJK turut bersinergi dengan sejumlah institusi atau lembaga lain, seperti Kementerian BUMN, Direktorat Jenderal Pajak, Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia, Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG), dan Ikatan Akuntan Indonesia.

ARA bertujuan untuk meningkatkan kualitas informasi dan governance melalui annual report atau buku laporan tahunan sebuah perusahaan, organisasi, atau lembaga. ARA terbuka untuk semua jenis perusahaan, baik BUMN, BUMD, perusahaan terbuka, maupun tertutup. Dana Pensiun Lembaga Keuangan dan Dana Pensiun Pemberi Kerja juga diperbolehkan untuk mengikuti berpartisipasi dalam ARA.

Annual Report Award

Pertama kali, ARA dilaksanakan pada tahun 2002. Karena satu dan lain hal, pelaksanaan ARA tidak rutin berlangsung setiap tahunnya. Setiap pelaksanaannya, ARA mengusung tema tertentu, misalnya “Kualitas Keterbukaan Informasi untuk Mendukung Kinerja Perusahaan Secara Berkelanjutan dalam Memenangkan Persaingan Global” pada ARA 2016. 

Selain itu, dalam setiap pelaksanaannya, ARA terdiri dari sejumlah kategori. Pada pelaksanaan ARA tahun 2019, contohnya, kategori-kategorinya adalah BUMN Keuangan Listed; Non-keuangan Listed; Keuangan Non-listed; Non Keuangan Non-Listed; Private Keuangan Listed; Non-Keuangan Listed; Keuangan Non-listed; Non-Keuangan Non-listed; BUMD Listed; Non-listed; dan Dana Pensiun.

Perusahaan, organisasi, atau lembaga yang berpartisipasi dalam ARA dapat memperoleh berbagai manfaat. Salah satu manfaat yang didapat adalah memperoleh evalusi dari para pakar tentang laporan tahunnya. Evaluasi tersebut dapat dijadikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas laporan tahunan di masa mendatang. Tambah pula, apabila dinobatkan sebagai juara, reputasi perusahaan, organisasi, atau lembaga akan dikenal memiliki komitmen terhadap keterbukaan informasi. Berbagai manfaat berikutnya antara lain memperoleh sertifikat dari Kementerian BUMN (khusus untuk pemenang kategori BUMN), sertifikat dari Bank Indonesia (BI), pemotongan biaya pencatatan di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan publikasi sebagai juara di media massa.

 

Contact Us

Instagram dmccomm_id

Website dmc-indonesia.com